3 Juta Wisatawan Bakal Serbu Sukabumi

Wisata Faporit di Sukabumi 60x60 WfAmbc

Sumber: radarsukabumi.com

SUKABUMI – Wilayah Kabupaten Sukabumi tak hanya akan dibanjiri para pemudik dari luar daerah saja. Tetapi, momen libur Idul Fitri 1443 Hijriah dan cuti bersama juga bakal dimanfaatkan para wisatawan untuk melepas penatnya.

Berkaca pada tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19 melanda, ada sekitar 3 juta wisawatan yang berlibur ke Kabupaten Sukabumi. Untuk itu, petugas gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI, Dishub, Satpol PP dan lainnya bakal bekerja lebih ekstra dalam pengamanan lalu lintas.

“Di tahun 2022 dengan adanya kelonggaran dari pemerintah, kita membuat skenario akan ada 3 juta orang yang wisata ke sini (Kabupaten Sukabumi.

Sehingga, fokus kami selain mengamankan jalur mudik, juga mengamankan jalur wisata,” tegas Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana saat mengecek secara langsung kesiapan Polres Sukabumi berserta jajarannya dalam menghadapi libur lebaran atau Idul Fitri 1443 Hijriyah-2022 Masehi.

Kedatangannya ke Sukabumi ini, untuk memastikan semua kesiapan Polres Sukabumi dan seluruh jajaran guna menyiapkan pengamanan arus mudik lebaran dan wisata di Kabupaten Sukabumi. “Alhamdulillah semua sudah terkelola dan sudah siap,” tambahnya.

Ia menegaskan, hasil pengecekan awal dan wawancara singkat semua dalam keadaan baik. Dia berharap, lebaran tahun ini aman, lancar dan masyarakat bisa menikmati mudik lebaran dengan sehat serta dapat menerapkan protokol kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah dan Forkopimda Kabupaten Sukabumi, berkesempatan membagikan bingkisan kepada petugas di Pos Pam Citepus dan Pos Pam Istiqomah serta para pedagang yang ada di sekitar kawasan wisata.

Sementara itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi Kota memprediksi puncak arus mudik pada libur hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah terjadi pada tanggal 29-30 April 2022. Hal itu berdasarkan hasil koordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat.

“Untuk diprediksi puncak arus mudik, kami berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Jabar, di tanggal 29 sampai dengan tanggal 30 April 2022,” ujar Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Tejo Reno Indratno.

Untuk antisipasi arus mudik pada tahun ini, pihaknya akan melaksanakan rekayasa arus lalin, terutama yang memasuki wilayah Kota Sukabumi.

Salah satunya adalah kendaraan-kendaraan berat tidak diperbolehkan beroperasi. Kemudian akan lebih mengutamakan untuk jalur-jalur yang memang memasuki wilayah Kota Sukabumi ataupun keluar.

“Rekayasa arus lalin untuk di jalur timur atau jalur Sukaraja dan Sukalarang itu terdapat dua titik, yaitu di bundaran Sukaraja dan di pertigaan Selakaso.

Namun untuk jalur barat yaitu di jalur Cisaat, di seputaran alun-alun yang akan memasuki wilayah kabupaten,” bebernya.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana didampingi Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah dan Forkopimda Kabupaten Sukabumi mengecek kesiapan anggotanya.

Untuk pantauan arus lalin perhari ini (kemarin. red) yang memasuki wilayah Kota Sukabumi, masih terpantau lancar. Dikarenakan para pemudik yang dari luar sebagian besar belum memasuki wilayah Kota Sukabumi.

“Untuk wilayah Kota/Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya, mungkin kalau misalkan menjelang berbuka puasa memang ada sedikit kepadatan, dikarenakan masyarakat yang ingin membeli sesuatu untuk kebutuhannya,” tuturnya.

Masih kataTejo mengaku, untuk sementara ini kepadatan arus lalin terjadi di wilayah Cisaat, dikarenakan memang di wilayah tersebut aktivitas masyarakat cukup padat.

Terutama yang dari kabupaten ke kota ataupun kota ke kabupaten. Termasuk masyarakat yang disekitaran wilayah itu yang sedang mempersiapkan diri untuk lebaran.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran, tetap patuhi peraturan lalu lintas.

Budayakan untuk mudik aman, nyaman, dan sehat. Apabila belum melaksanakan vaksin booster dipersilahkan untuk melaksanakan vaksin,” pungkasnya.(cr1/ris/t)

The post 3 Juta Wisatawan Bakal Serbu Sukabumi appeared first on radarsukabumi.com.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.