300 Cakades Siap Tarung di Pilkades Serentak

RADARCIANJUR.com- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, mencatat ada sebanyak 300 orang calon kepala desa (Cakades) berasal dari 77 desa yang siap bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Desanya masing-masing.

Para panitia Pilkades pun telah mempersiapkan untuk menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada tanggal 17 Juli 2022 mendatang.

DPMD Cianjur pun mengimbau panitia Pilkades, agar dapat menjaga netralitas pada hari pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Kerja Sama Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Dendy Kristanto mengatakan, sebanyak 300 orang cakades dari sebanyak 77 desa tersebut, telah siap untuk berkompetisi pada gelaran Pilkades serentak.

“Yang sudah mendaftarkan diri sebagai cakades secara keseluruhan ada sebanyak 357 orang dari 77 desa tersebut. Namun, dari sebanyak 77 desa tersebut, ada sekitar 20 desa yang calonnya lebih dari lima orang,” kata Dendy.

Sebelumnya, lanjut Dendy, bagi desa yang cakadesnya lebih dari 5 orang sesuai Perbub 41 junto 42, harus mengikuti seleksi tambahan yaknii seleksi tes administrasi dan tes akademis yang diiselenggarakan di Universitas Surya Kencana (Unsur) Cianjur, pada tanggal 10 Juni 2022 lalu.

Sesuai Perbub 41 junto 42 jika desa yang memiliki Balon Kades lebih dari lima harus mengikuti seleksi tambahan yakni seleksi tes administrasi dan tes akademis yang diiselenggarakan di Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, pada tanggal 10 Juni 2022 lalu.

“Kalau untuk hasil dari 20 Desa yang mengirimkan balon Kades, hasilnya 100 balon kades lulus menjadi Cakades,” ujarnya.

Dendy berharap, Pilkades serentak dapat berjalan dengan tertib dan kondusif.

“Mudah- mudahan dalam pelaksaan Pilkades serentak pada tanggal 17 Juli 2022 mendatang , bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (byu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.