450 Warga Kota Bogor Dilepas Mudik ke Berbagai Tujuan

IMG 20220428 WA0016 tblGsN

BOGOR-RADAR BOGOR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melepas keberangkatan para pemudik gratis di Terminal Tipe A Baranang Siang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, pada Kamis (28/4/2022).

Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Gede Pasek Suardika mengatakan, pihaknya menyediakan 15 unit bus dengan berbagai tujuan mudik beberapa kota di wilayah Jabar, dan Jateng.

Baca juga: Tiga Bus Pemudik Tabrakan Beruntun di Tol Jakarta-Cikampek, Begini Kondisinya

Adapun total penumpang yang melaksanakan mudik gratis pada tahun 2022 sebanyak 450 orang. Kebijakan yang digulirkan pemerintah pusat tersebut baru berjalan, setelah sempat tertunda selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

“Sebagian besar tujuanya ke Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Jika ditotal ada 22 tujuan. Nanti yang arus baliknya ada 8 kota yang diprioritaskan,” kata Gede Pasek, usai melepas para pemudik di Terminal Baranang Siang, Kamis (28/4/2022).

Secara umum, kata dia, ada 20 ribu warga dari berbagai daerah yang mengikuti mudik gratis dengan berbagai tujuan. Sedangkan 1.920 kendaraan diangkut melalui truk.

“Tujuannya yang kita angkut adalah para pemilik sepeda motor, supaya tidak menggunakan motor. Karena berbahaya juga kan jarak jauh, jadi motornya diangkut pakai truk. Orang-orangnya diangkut pakai bus,” ucapnya.

Selain mengurangi kepadatan kendaraan motor saat mudik, tentunya sambung Gede dapat mengurangi beban kendaran di sejumlah ruas jalan agar tidak macet, dan mengurangi angka kecelakaan.

Namun demikian, dirinya mengaku secara persentase tidak signifikan.

“Kalau hanya 20 ribu dibandingkan dengan angka Litbang lebih dari 80 juta memang kecil. Tetapi, minimal pemerintah sudah memberikan suatu perhatian edukasi kepada masyarakat supaya tidak menggunakan motor, tapi gunakan kendaraan umum,” ucapnya.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengapresiasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menfasilitasi dan menyiapkan bantuan mudik gratis pada masyarakat, khususnya masyarakat Kota Bogor.

Ikut melepas para pemudik, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim berterima kasih kepada Kemenhub yang sudah memfasilitasi dan menyiapkan bantuan kendaraan yang gratis pada masyarakat. Khususnya masyarakat Bogor dan sekitarnya untuk bisa mudik.

“Tujuan dari kementerian untuk mengurangi risiko kecelakaan kendaraan roda dua itu, sangat kita apresiasi. Mudah-mudahan jadi pembelajaran bagi semua bahwa pemerintah betul – betul memperhatikan. Bahwa angka kecelakaan lalin yang disebabkan oleh kendaraan roda dua itu tinggi,” ungkap Dedie.

Dengan model program seperti itu, sambung Dedie, akan menjadi trigger dan metode mudik yang aman bagi masyarakat. Meskipun memang, tidak ada kewajiban langsung bagi pemerintah untuk menggratiskan ongkos perjalanan mudik.

“Tetapi model ini bisa direplikasi masyarakat. Tujuan utamanya mudik sehat dan mudik selamat itu tercapai. Bukan semata-mata kita siapkan gratis tapi tidak gratisnya saja. Tetapi ada misi tujuannya utama disitu yang tersirat untuk keselamatan masyarakat,” pungkasnya.(ded)

The post 450 Warga Kota Bogor Dilepas Mudik ke Berbagai Tujuan first appeared on RADAR BOGOR | Berita Bogor Terpercaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.