55.035 Kendaraan Sudah Lintasi Karawang

BAWAH HL GEDE 1 scaled kzUPoa

KARAWANG, RAKA- Peningkatan volume kendaraan yang melintasi Karawang semakin meningkat. Catatan petugas di Pokso Mudik Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, pemudik yang sudah melintasi Karawang mencapai 75 persen atau sekitar 55.035 pemudik yang menggunakan berbagai macam kendaraan hingga 28 April 2022.
Hari Raya Idul Fitri hanya menghitung beberapa hari saja. Budaya mudik di masyarakat Kabupaten Karawang mulai terlihat.
Lalu lintas di dominasi oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor. Kepadatan kendaraan akan semakin meningkat seiring semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri. “Kendaraan pemudik telah terlihat meningkat itu sejak malam tadi sampai pagi. Kebanyakan yang melintas di sini dominasi motor. Peningkatan sekarang sudah di angka 75 persen,” ujar Vircant Yuana, petugas posko dan monitoring dari Kementrian Perhubungan di Tanjungpura, Kamis (28/4).
Berdasarkan data pantauan dari petugas sejak pukul 00.00 hingga 16.00 total kendaraan yang melintasi Jalur Arteri Kabupaten Karawang pada Kamis (28/4) mencapai 55.035 kendaraan yang masuk. Kendaraan motor yang melintasi menurut data mencapai angka 39.553 dari total keseluruhan kendaraan yang memasuki wilayah Kabupaten Karawang. “Rincian data dari itu per hari ini dimulai pukul 00.00. Setiap satu jam sekali data itu terus kami update. Sekarang kendaraan yang sudah masuk ke Karawang ada 55.035. Data yang telah kami rekap terakhir sampai pukul 16.00 tadi,” ungkapnya.
Kendaraan dari arah Kabupaten Karawang menuju Kabupaten Bekasi sebanyak 24.888 kendaraan. Situasi dan kondisi dari arah ini pun terpantau lancar dan tidak terjadi peningkatan. Pukul 18.00 sampai 19.30 kemarin, pemudik mulai ramai melintas saat selesai berbuka puasa. “Kalau dari arah sebaliknya justru datanya berbanding cukup jauh. Sampai sekarang tidak terlihat lonjakan yang tinggi dari arah Kabupaten Karawang ke luar. Berdasarkan data yang kami miliki saat ini sudah ada 24.888 kendaraan yang melintas ke arah Kabupaten Bekasi dari arah Karawang,” paparnya.
Sementara itu, kondisi lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga kemarin sore terlihat ramai lancar. Berdasarkan pantauan lapangan sekitar pukul 16.30 sore tadi, ribuan mobil pemudik dari arah Jakarta terlihat padat. Meskipun kondisi jalan terlihat padat, namun situasi masih dinilai aman karena kendaraan masih bisa melaju atau ramai lancar.
Untuk kondisi gerbang Tol Cikopo, sudah mulai terlihat macet. Sedangkan kondisi di jalan arteri Cikampek menuju Subang-Indramayu sudah terjadi kemacetan sejak siang sampai sore kemarin.
Sementara itu salah satu pemudik warga asal Pemalang Agis M (27) mengungkapkan, harusnya pulang kampung dilakukan beberapa hari lalu, hal itu untuk menghindari kemacetan. “Cuma baru kemarin libur kerjanya, terpaksa harus macet-macetan kaya gini,” pungkasnya. (mal/nad)

Artikel 55.035 Kendaraan Sudah Lintasi Karawang pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.