Angka Putus Sekolah di Kabupaten Sukabumi Naik

Sumber: Radar Sukabumi

SUKABUMI – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah dibuka sejak Senin, 6 Juni 2022. Namun ternyata, ada beberapa fakta mengejutkan. Salah satunya yakni tingkat angka partisipasi melanjutkan sekolah di Kabupaten Sukabumi.

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Barat, Nonong Winarti membeberkan bahwa angka partisipasi melanjutkan sekolah di Kabupaten Sukabumi tidak terlalu tinggi. Sehingga, masih terdapat beberapa sekolah yang awalnya pasang target rombongan belajar (rombel) tidak terpenuhi.

“Seperti di Kecamatan Ciemas, Kalibunder. Mereka pasang target lima kelas, tiba-tiba hanya dapat empat kelas. Mungkin yang terpenuhi ini adalah SMA/SMK di daerah utara saja, seperti SMA Cibadak, SMK Cibadak, Cisaat, Sukaraja dan lainnya,” terangnya.

Sementara untuk di Selatan Kabupaten Sukabumi, rata-rata sekolah harus mencari siswa, bukan siswa yang mencari sekolah. Hal ini terjadi lantaran terkendala akses jangkauan ke sekolah oleh peserta didik tidak terlalu mudah. Faktor ekonomi serta kepercayaan masyarakat yang menurun juga ikut menjadi penyebabnya.

“Kepercayaan masyarakat menurun karena kita ketahui bersama, dua tahun kita dihadapkan dengan persoalan pandemi Covid-19. Memungkin orang tua juga mulai turun kepercayaan kepada sekolah,” ucap Nonong.

Untuk persoalan angka partisipasi rendah, Nonong berharap pasca pandemi ini sudah mulai bergerak kembali. Bagaimana meningkatkan akses pendidikan, meningkatkan pendidikan, membangun kesadaran masyarakat agar anaknya bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah atas.

Namun secara keseluruhan, di hari pertama PPDB SMA/SMK berjalan lancar. Untuk jalur afirmasi, zonasi kemudian prestasi, sudah dimulai serentak PPDB secara online,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi.

Jadi PPDB ini bisa dilakukan oleh peserta didik secara langsung online ketika mereka memang memiliki kemampuan untuk online.

“Tetapi ketika jaringan tidak ada, anak juga tidak memiliki alat yang memenuhi syarat untuk pendaftaran online, mereka bisa datang langsung ke sekolah yang dituju,” sambungnya.(cr2/radar sukabumi)

The post Angka Putus Sekolah di Kabupaten Sukabumi Naik appeared first on Radar Sukabumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.