Baznas Karawang Raih Opini WTP

KARAWANG, RAKA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karawang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan tahun 2021.
Ketua Baznas Kabupaten Karawang H Karmin mengatakan, audit keuangan dilakukan oleh kantor akuntan publik yang sudah berlisensi dan independen. “Proses audit berlangsung selama kurang lebih selama dua bulan dari bulan Agustus hingga September 2022. Dimulai dari proses pelaporan, penyajian, presentasi, verifikasi berkas hingga penelusuran bukti terkait oleh tim auditor,” ujarnya, di Komplek Islamic Centre Karawang, Rabu (21/9).
Selanjutnya, berdasarkan hasil audit laporan keuangan 2021 oleh kantor akuntan publik tersebut, Baznas Karawang meraih opini WTP alias wajar tanpa pengecualian. “Ini artinya Baznas Kabupaten Karawang telah menyajikan laporan keuangan secara wajar dalam semua hal yang material sesuai dengan standar keuangan di Indonesia,” imbuhnya.
Menurut Karmin, raihan opini WTP atas laporan keuangan ini menunjukan akuntabilitas dan tanggung jawab pimpinan Baznas Kabupaten Karawang dalam keseluruhan pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS), serta Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) secara transparan sesuai dengan standar akuntansi keuangan.
Dia menambahkan, raihan opini WTP ini juga menunjukan berjalannya sistem pengendalian internal, pencegahan, penanggulangan kecurangan dan kepatuhan terhadap perundang-undangan. “Sehingga hal ini akan meningkatkan keyakinan dan kepercayaan kepada seluruh muzaki, donatur dan para stake holder terkait lainnya tentang pengelolaan keuangan di Baznas Kabupaten Karawang,” pungkasnya. (nce)

Artikel Baznas Karawang Raih Opini WTP pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.