Bencana Cianjur, Akibat Badai La Nina

  • Whatsapp
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Cianjur
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Cianjur M. Taufik zuhrizal. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

CIANJUR – Badai La Nina menjadi penyebab banyaknya bencana yang terjadi sepanjang akhir Bulan Oktober hingga November tahun 2021.

Beberapa bencana Cianjur termasuk kategori hidrometeorologi yang diakibatkan oleh parameter-parameter meteorologi, seperti curah hujan, kelembapan, temperatur, dan angin sehingga menyebabkan banjir, tanah longsor, pergerakan tanah

Bacaan Lainnya

Hal tersebut membuat Kabupaten Cianjur termasuk kategori darurat bencana ekstrem.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Cianjur M. Taufik zuhrizal membenarkan, bencana yang kini marak terjadi di Cianjur disebabkan oleh badai tropis La Nina.

“Betul, bahwa kejadian bencana beberapa hari ini di kabupaten Cianjur merupakan dampak dari iklim badai tropis La Nina sehingga berdampak pada cuaca buruk,”katanya.

Taufik menjelaskan, dampak dari badai tersebut menyebabkan terjadinya cuaca ekstrem seperti curah hujan tinggi dan berpotensi menyebabkan longsor dan pergerakan tanah.

“Menyebabkan banyak terjadinya longsor dan pergerakan tanah, potensi kebencanaanya di kabupaten Cianjur diketahui banyak daerah perbukitan tinggi,”ungkapnya.

Diketahui Badai yang berasal dari seputaran laut australia ini muncul 5 tahun sekali dan bergantian dengan Badai El Nino.

“Akibat badai La Nina diprediksikan cuaca ekstrem terjadi hingga bulan Mei 2022. Malah bulan Januari hingga Mei akan lebih tinggi intensitas curah hujannya,”paparnya.

Ia menghimbau masyarakat agar selalu waspada dengan kemungkinan terjadinya bencana yang disebabkan Badai La Nina.

“Sehingga dalam menghadapi cuaca ekstrem ini. kami dari BPBD mengimbau kepada seluruh masyarakat siap siaga jika memang mereka berada di daerah rawan terjadi hujan, lebih dari satu jam untuk segera mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman,”pungkasnya. (byu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *