Bendahara Desa Cirende Purwakarta Dipecat, Kasus Bawa Kabur Duit Desa Rp270 Juta

Desa Cirende

PURWAKARTA  – Akibat ulahnya membawa kabur uang dana desa ratusan juta rupiah, bendahara Desa Cirende, Kecamatan Campaka, MD (32), kini terancam dipecat. Saat ini yang bersangkutan sudah meringkuk di tahanan Polres Purwakarta.

Kepala Desa Cirende Hanapiah menyebut, proses pemberhentian bendaharanya yang membawa kabur uang dana desa tersebut masih berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta.

“Lagi proses. Saat ini kami sudah berkonsultasi dan berkoordinasi dengan pihak DPMD Kabupaten Purwakarta untuk pemberhentian yang bersangkutan serta untuk penggantinya,” kata Hanapiah, saat ditemui di Mapolres Purwakarta, Senin (18/7).

Dia menyebut, untuk memberhentikan perangkat desa, harus memenuhi unsur sebagai mana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

“Ada aturan-aturan yang mendasari terkait pergantian perangkat desa. Jadi kami terus berkoordinasi dengan DPMD Purwakarta supaya tidak jadi masalah di kemudian hari,” jelasnya.

Bendahara Desa Cirende berinisial MD sebelumnya diringkus polisi setelah membawa kabur uang dana desa dan pendapatan desa lainya sebesar Rp270 juta. Ia ditangkap di salah satu cafe di daerah Cimahi, Bandung Barat. Kini yang bersangkutan ditahan di Mapolres Purwakarta guna pemeriksaan lebih lanjut.

Peristiwa berawal pada Senin 4 Juli 2022 sekira pukul 11.00 WIB, MD melakukan penarikan uang dana desa dan pendapatan desa lainya di Bank BJB Cabang Purwakarta dengan total sebesar Rp270 juta.

Saat melakukan pencairan, pelaku memalsukan tandatangan kades dan memanfaatkan stempel yang berada di tangannya. Setelah berhasil mencairkan dana desa tanpa tanpa sepengetahuan kepala desa, pelaku tidak menyerahkannya ke Kepala Desa Cirende. Dia langsung kabur ke luar daerah.

Saat dihubungi ke handphonenya tidak aktif. Selanjutnya pihak Pemerintahan Desa Cirende melaporkan perbuatan pelaku ke Polsek Campaka, karena disinyalir sengaja menghilang membawa kabur uang dana desa. Hongga akhirnya berhasil diciduk di sebuah cafe. (gan)

Artikel Bendahara Desa Cirende Dipecat, Kasus Bawa Kabur Duit Desa Rp270 Juta pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.