Berbagi Ilmu Desain dan Fotografi, Mahasiswa Kumpulkan Pelaku UMKM

HL 28

KARAWANG, RAKA – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) di Kabupaten Karaawang saat ini sudah banyak. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsika semester IV berinisiatif memberikan pelatihan desain dan fotografi kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produknya. Selain itu agar pelaku umkm lokal dapat bersaing dengan UMKM di luar Karawang.
“Kegiatannya itu tentang workshop desain promosi dan fotografi. Sasarannya itu umkm Kabupaten Karawang, karena emang fotografi bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk. Terus biar bisa bersaing dengan umkm lain di luar Karawang,” ujar Nurul Aeni, ketua pelaksana, Rabu (11/5).
Ia memaparkan bahwa Dinas Koperasi meminta untuk mengarahkan pelaku UMKM dalam teknik fotografi. Kegiatan berlangsung secara offline. Saat kegiatan berlangsung ia menyampaikan pula para pelaku UMKM hingga saat ini belum mengetahui dan menguasai teknik dalam fotografi. Pelaku UMKM pun diberikan praktik secara langsung. “Mungkin buat UMKM nya sendiri udah tahu foto, tapi teknik-teknik mereka belum tahu. Kita mengundang pemateri dan langsung memberikan praktik kepada mereka. Mereka hanya tahu gambaran hasil fotonya aja,” ungkapnya.
Ia kembali memaparkan bahwa tidak mengalami kesusahan dalam memberikan ilmu dan praktik. Para peserta menyimak dengan detail. Selain fotografi peserta pun diberikan ilmu desain produk. Aplikasi yang diajarkan yakni Canva. Hal ini karena di dalam aplikasi tersebut telah terdapat template gratis. “Kebetulan mereka kan UMKM yang terbilang masih muda. Mereka juga mau belajar selama penjelasan mereka merhatiin dan bisa praktikin. Kita riset dulu sebelumnya untuk aplikasi yang mudah digunakan sama mereka. Kita akhirnya pake aplikasi canva. Mereka ga usah bingung-bingung lai ngatur warna karena kan di aplikasi udah ada,” pungkasnya. (nad)

Artikel Berbagi Ilmu Desain dan Fotografi, Mahasiswa Kumpulkan Pelaku UMKM pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.