Depok  

BIAN di Depok Sasar 174.165 Anak

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 174.165 anak menjadi sasaran pemberian imunisasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. Langkah ini guna menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang jatuh Agustus ini.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati menyebutkan, total keseluruhan anak itu memiliki usia dengan jarak sembilan hingga 59 bulan. “Jumlah sasaran anak tersebut berdasarkan data dari Kemenkes RI yang akan mengikuti BIAN di Kota Depok,” kata dia, Selasa (2/8).

Dia berujar, pelaksanaan BIAN dilakukan karena banyak anak yang tidak lengkap mendapatkan imunisasi. Hal itu berjalan seiring dengan adanya pandemi Covid-19. Bahkan, Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) menjadi meningkat karena, adanya penurunan cakupan imunisai yang terdampak pandemi.

“BIAN ini menjadi momentum bagus dalam meningkatkan capaian imunisasi, menutup kesenjangan imunitas sehingga dapat mencegah kejadian luar biasa PD3I,” terang Mary.

Mary menuturkan, pelaksanaan BIAN di Kota Depok akan berlangsung selama 30 hari. Dalam momentum ini, pihaknya akan melakukan pemberian imunisasi tambahan campak-rubella.

Selain itu, sebut dia, pihaknya juga melakukan kejar imunisasi berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 hingga 59 bulan.

“Semoga pelaksanaan imunisasi tambahan dan imunisasi kejar dapat berjalan optimal untuk meningkatkan status kesehatan anak,” ujarnya.

Semakin dalam, jelas dia, pelaksanaan BIAN akan dilakukan di Puskesmas, Posyandu, bidan praktik mandiri, rumah sakit, PAUD dan TK. Selain imunisasi, momentum itu akan dibarengi dengan bulan penimbangan balita dan pemberian vitamin A.

“Untuk imunisasi kejar ini harus dilengkapi imunisasi Polio dan DPR-HB-Hib yang terlewat,” imbuh Mary.

Mary berharap, pelasksanaan BIAN dapat melindungi anak dari berbagai penyakit seperti Campak, Rubella, Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, dan Polio. Pasalnya, penyakit tersebut dapat menimbulkan efek yang fatal hingga berujung pada kematian. “Ayo sehatkan keluarga, lewati pandemi dengan imunisasi lengkap,” pungkasnya.

Untuk diketahui, gelaran BIAN itu lakukan serentak di setiap kecamatan mulai Senin (1/8). Sementara itu, Lurah Depok, Herman mengungkapkan, momentum BIAN dapat digunakan sebagai ajang menyehatkan anak-anak berusia sembilan hingga 59 bulan.

“Kami sudah memulai di Posyandu Murai RW 14 Kampung Lio dengan sasaran sebanyak 40 anak, harapannya anak-anak sehat,” singkatnya. (rd/ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Junior Williandro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.