Borong Batik di Kampung Batik Cibuluh, Wapres Dorong Go International 

BOGOR-RADAR BOGOR, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mendatangi Kampung Batik di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Kedatangannya untuk meninjau aktivitas produksi batik, sekaligus memberikan bantuan kepada pengrajin batik.

KH Ma’ruf Amin memilih berjalan kaki menuju lokasi produksi sepatu yang jaraknya lebih dari satu kilometer itu.

Baca juga: Tegas! Satlantas Berantas Pemotor Lawan Arus di Jalan Sholeh Iskandar

Diusianya yang sudah tak muda lagi, pria kelahiran Tangerang, Banten tersebut tampak mengenakan pakaian kemeja putih dengan kopiahnya.

Dia nampak datang bersama Wakil Wali Kota Bogor Didie Rachim dan Ketua Baznas Noor Achmad. Kedatangan mereka disambut warga sekitar.

Baca juga: Masalah Kantong Parkir, Dishub Sebut Petugas Parkir di Alun-alun Kota Sudah Minta Maaf

Momen Wapres disambut masyarakat saat berada di dalam perkampungan yang menjadi sentra produksi terjadi sekira pukul 14.28 WIB, Rabu (8/6/2022).

“Kita kedatangan wakil presiden, untuk meninjau kampung Batik Cibuluh, Bogor Utara, Kota Bogor. Alhamdulillah sangat berkenan, karena melihat ciri khas batiknya yang semakin menarik,” Ketua Baznas Noor Achmad usai kegiatan mengunjungi sentra batik Cibuluh.

Noor Achmad menjelaskan, KH Ma’ruf Amin sekaligus menyerahkan bantuan permodalan yang berasal dari Baznas kepada 40 para pengrajin batik Cibuluh.

Baca juga: Ratusan Jamaah Padati Haul Raden Saleh ke-142

Masing-masing pengrajin menerima bantuan sebesar Rp 5 juta.

“(Dengan bantuan permodalan) Insya Allah mereka akan lebih meningkatkan kualitas, seperti diharapkan Wapres agar ada inovasi baru. Disamping dengan lokal wisdem, sekaligus ada inovasi baru,” kata Noor Achmad sembari menyampaikan keinginan KH Ma’ruf Amin.

Permintaan lainnya, kata dia, KH Ma’ruf Amin menginginkan ada inovasi lain tak hanya memproduksi batik, tetapi juga fashion.

Juga mendorong agar pemasaran batik di Cibuluh go internasional.

Baca juga: Tak Kunjung Dibayar, Ahli Waris Tutup Akses Perumahan Di Sukaraja

“Wapres sangat tertarik dengan batik yang ada disini (Cibuluh). Indikatornya, KH Ma’ruf memborong lima batik, berarti beliau sangat tertarik batik Cibuluh,” ucapnya.

Noor Achmad mengatakan, selama tiga tahun terakhir Baznas melakukan pendampingan terhadap para pengrajin batik Cibuluh, dan mendorong agar tak hanya piawai dalam memproduksi batik melainkan mampu menjadikan sentra tersebut menjadi destinasi wisata.

Kedepan, Baznas akan mengembangkan replikasi kampung batik serupa di beberapa tempat. Meski yang eksisting saat ini berada di tiga tempat, pertama di Cibuluh Bogor, Semarang Jawa Tengah dan Tuban Jawa Timur.

Noor Achmad juga sekaligus membuktikan dana zakat yang selama ini dikelola Baznas dapat mensejahterakan umat.

Baca juga: Warga Puri Nirwana 3 ‘Bisa Mesra’ Lagi 

“Tahun ini akan ada 400 ribu orang yang semula mustahik menjadi muzakki. Kita dorong, di Kampung Batik ada beberapa kelompok, Insya Allah jadi muzakki. Artinya yang tadinya miskin jadi orang kaya,” katanya.

Wakil Wali Kota Bogor Dedir A Rachim mengapresiasi kedatangan KH Ma’ruf Amin yang meninjau sekaligus memberikan bantuan permodalan kepada pengrajin batik di Cibuluh.

Menurutnya, Wapres mendorong pengembangan UMKM dengan meningkatkan nilai tambah.

Baca juga: Intip Yuk Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024

“Saya terkejut beliau paham tentang fashion, dan design. Memang pak wapres memiliki keinginan bukan hanya memproduksi batik tulis, maupun cetak saja, tetapi ada added value mungkin ada produk fashion dan clothing yang bisa di pasarkan di Sarinah,” katanya.

Hal ini pun sejalan dengan kebijakan aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Bogor yang diwajibkan menggunakan pakaian kasual dengan produk lokal setiap selasa.

“Betul, seperti yang kita ketahui kita ada dua hari, Jumat memakai batik, dan Selasa casual. Mudah-mudahan dua hari ini, bisa dimanfaatkan oleh ASN untuk belanja batik, termasuk fashion, dan produk clothing lokal,” tukasnya.(ded)

Editor: Rany

The post Borong Batik di Kampung Batik Cibuluh, Wapres Dorong Go International  first appeared on RADAR BOGOR | Berita Bogor Terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.