Buang Gas Proses Alami Tubuh, Jangan Ditahan-tahan

Buang Gas

KARAWANG – Bagi sebagian orang, buang gas atau kentut merupakan hal yang memalukan. Ketika sedang berkumpul dengan orang lain lebih memilih untuk menahannya. Padahal, menahan kentut bisa berimbas pada pencernaan.

Mahasiswa kebidanan Poltekkes Tiara mengatakan, bahwa kentut merupakan proses alami tubuh yang sering terjadi, namun sayangnya aktivitas ini sering kali dianggap tidak sopan bahkan memalukan jika dilakukan di depan orang lain. “Banyak orang rela menahan kentut didepan banyak orang karena malu,” paparnya, baru-baru ini.

Menahan kentut, lanjutnya, dapat mengganggu kenyamanan dan kualitas hidup seseorang. Orang yang sering menahan kentut akan merasa kembung dan begah. Hal ini dapat membuat nafsu makan jadi berkurang. “Kalau kita sering menahan kentut membuat nafsu makan berkurang,” tambahnya.

Selain membuat nafsu makan berkurang, menahan kentut juga bisa menyebabkan menyebabkan nyeri dan mulas. Ketika mengencangkan otot saat menahan kentut, tekanan di dalam tubuh akan menigkat dan menyebabkan rasa sakit, gangguan pencernaan, dan mulas. “Terlalu sering bisa menyebabkan pembengkakan pada saluran pencernaan,” tuturnya.

Dijelaskan Tiara, dengan tidak menahan kentut bukan berarti harus kentut sembarangan di depan orang banyak. “Kalau kita lagi di depan orang banyak udah gak kuat membuang gas, segera izin ke toilet jangan ditahan-tahan,” pungkasnya. (fjr)

Artikel Buang Gas Proses Alami Tubuh, Jangan Ditahan-tahan pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.