Buruh PT Dean Shoes Terancam PHK, Diduga Imbas Turunnya Penjualan Sepatu

PURWASARI, RAKA – PT Dean Shoes, perusahaan sepatu di Kecamatan Purwasari dikabarkan bakal mengurangi karyawannya. Hal ini imbas dari situasi global yang berakibat pada menurunnya penjualan sepatu.
Perwakilan serikat PUK SPSI PT Dean Shoes yang enggan disebutkan namanya, membenarkan isu akan adanya pengurangan karyawan di perusahaan sepatu tersebut. “Iya benar hasil rapat tadi rencana akan jadi pengurangan,” katanya, kepada Radar Karawang, Kamis (04/08).
Masih dilanjutkannya, walaupun manajemen berencana akan mengurangi karyawan, para serikat buruh merencanakan akan tetap meminta manajemen tidak melakukan rencana tersebut. ” Kami dari serikat akan terus mengawal agar tidak terjadi pengurangan karyawan,” tambahnya.
Di lain tempat, Abdullah (23), salah satu karyawan dari perusahaan tersebut pun membenarkan bahwa isu pengurangan yang terjadi di perusahaan tersebut memang menjadi perbincangan para karyawan. ” Iya kalau itu emang lagi rame diperbincangkan,” ungkapnya.
Isu pengurangan karyawan ini, lanjutnya, diakibatkan imbas dari situasi dan kondisi bisnis persepatuan di beberapa negara. “Katanya sih karena penjualan sepatu sedang turun dan emang lagi turun produksinya,” terangnya.
Kepala Bidang Syaker Dinas Ketanagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Karawang Suratno mengaku belum mengetahui rencana pengurangan karyawan PT Dean Shoes. Hingga saat ini, belum ada surat resmi dari PT Dean Shoes dan perusahaan yang tidak mengirimkan surat resmi maka dianggap belum terjadi PHK. “Kalau perusahaan tidak bersurat ke kami maka kami anggap tidak melakukan PHK secara resmi,” ungkapnya.
Sayangnya, hingga berita ini ditulis belum ada keterangan resmi dari pihak manajemen terkait kabar pengurangan karyawan ini. (fjr/nad)

Artikel Buruh PT Dean Shoes Terancam PHK, Diduga Imbas Turunnya Penjualan Sepatu pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.