Depok  

Cakep Bang! Putaran Uang Lebaran Depok Capai Rp360 Juta

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Lebaran Depok 2022 telah usai, Minggu (5/6). Kegiatan yang dilangsungkan tiga hari, 3-5 Juni, di Perumahan Shilla at Sawangan, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari ini, dihadiri tak kurang 20 ribu pengunjung.

Lebaran Depok nyatanya turut mendongkrak potensi ekonomi, khususnya di sentara UMKM. Ketua Panitia Lebaran Depok, Sudadih mengatakan, perputaran uang mencapai Rp360 juta.

Antusias masyarakat sungguh luar biasa, jika dihitung, dalam tiga hari Lebaran Depok yang diselenggarakan, kurang-lebih sebanyak 20 ribu pengunjung hadir untuk memeriahkan acara,” ungkap Camat Limo ini kepada Radar Depok.

Baca Juga : Sekda Mentereng di Lebaran Depok 2022

Lebaran Depok memang bukan kaleng-kaleng. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, sampai datang. Dia mengaku senang bisa datang saat hari terakhir Lebaran Depok.

“Saya merasa bahagia, karena turut diundang dalam acara lebaran Depok,” ucap Sandi, sapaannya.

Baca Juga : Kelurahan Depok Ikut Pawai hingga Bawa Rantangan di Lebaran Depok

Sandi melanjutkan, kegiatan ini merupakan kelestarian budaya, dan dirinya memberikan apresiasi karena melihat kebangkitan ekonomi dari UMKM.

Dari stimulus yang ada, kita sekarang sedang melihat keadaan yang sangat berat dari segi ekonomi, harga-harga bahan pokok meningkat, tapi kita yakin dengan kerja keras kita, omset yang bisa kita tingkatkan sehingga kita bisa bantu promosikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, sandi mengungkapkan, dirinya akan melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadi langkah stimulan agar ekonomi terus bergerak di akar rumput. “Harapan kami agar selalu terbuka peluang usaha dan lapangan kerja serta bangkit kembali bagi masyarakat,”ungkapnya.

Sementara, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Depok yang sekaligus Bendahara 2 Lebaran Depok 2022, Eis Rahmawati mengatakan, antusias masyarakat dalam giat UMKM dalam ikut andil dalam stan Lebaran Depok 2022 sangat diluar dugaan.

Awalnya kami mendirikan 180 stand, tapi ada penambahan kurang-lebih 200 stand karena area yang luas serta banyaknya masyarakat yang turut andil dalam giat UMKM yang kita selenggarakan juga,” ungkapnya.

Eis mengatakan, UMKM ini memang bertujuan salah satunya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan setelah dua tahun lamanya covid.

Terakhir kita mengadakan kegiatan ini waktu 2019 lalu, namun sempat tertunda karena covid,” lanjutnya.

Eis melanjutkan, produk-produk yang disediakan oleh penggiat UMKM sangat banyak, diantaranya makanan tradisional khas betawi sampai dengan makanan yang sudah modern, terlebih lagi ada produk-produk unggulan Kota Depok, seperti cireng, pisang lumer, serta masih banyak lagi

Untuk ukuran stan yang kita bangun itu berukuran 3×3 meter yang sudah difasilitasi meja dan bangku, dengan biaya Rp600 ribu per-stan dan Rp 50 ribu untuk yang ingin membuka stan sendiri dalam 3 hari selama diselenggarakannya Lebaran Depok,”ungkap Eis.

Eis berharap, untuk kedepannya kegiatan ini menjadi rutinitas dalam tiap tahun di acara Lebaran Depok sehingga semua warga bisa menikmati kemeriahan acara yang ada dan melestarikan budaya.

Sementara itu, diketahui guna menyuksesakan Lebaran Depok, pemeirntah menggelontorkan uang Rp186 juta.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, Indonesia mempunyai banyak warisan budaya dari berbagai daerah dengan ciri khas berbeda, termasuk Kota Depok. Menurutnya, tradisi Lebaran Depok merupakan salah satu warisan budaya yang patut dilestarikan.

Keseluruhannya Rp186 juta kalau bantuan dari masyarakat yang berpartisipasi total keseluruhan sekitar Rp200 juta,” ujarnya.

Kata dia, budaya harus mempunyai identitas. Identitas budaya Depok dapat dilihat dari peci atau kopiah dan batik. Kota Depok banyak memiliki motif batik khas, salah satunya Gong Si Bolong.

“Setiap Jumat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Depok juga sudah terapkan memakai pakaian khas Depok. Ini bukti menunjukkan identitas kita agar budaya Depok tidak hilang,” tandasnya. (rd/cr2)

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Junior Williandro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.