Cara Mengurus Ijazah yang Hilang atau Rusak

ijazah

BANDUNG – Cara mengurus ijazah yang hilang atau rusak – Ijazah adalah dokumen penting yang merupakan bukti seseorang telah menyelesaikan suatu jenjang studi. Ijazah sangat penting untuk keperluan melamar pekerjaan.

Tapi jika memang hilang, berikut ini cara, syarat dan langkah-langkah mengurus ijazah yang hilang atau rusak, melansir laman Indonesia.go.id:

Cara mengurus ijazah hilang atau rusak

1. Datang ke Polsek setempat

Langkah pertama cara mengurus ijazah yang hilang atau rusak adalah datang ke Polsek setempat untuk membuat Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan Barang/Surat-Surat. Sampaikan kepada petugas untuk membuat surat kehilangan ijazah.

Lalu tandatangani surat kehilangan. Jangan lupa fotokopi surat itu paling tidak 2 lembar. Untuk tahap ini, Anda perlu membawa:

– Fotokopi Ijazah

– Fotokopi KTP

2. Datang ke sekolah yang menerbitkan ijazah

Kemudian langkah berikutnya adalah dengan mendatangi sekolah yang menerbitkan ijazah (lewati tahap ini apabila sekolah sudah tidak ada).

Datangi bagian Tata Usaha Sekolah dan jelaskan ijazah Anda hilang atau rusak untuk membuat Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI).

Pembuatan dokumen ini dengan kop sekolah dan akan menjadi dokumen legal pengganti ijazah asli yang hilang atau rusak. Untuk tahap ini siapkan:

– Materai 6.000 (2 buah)

– Pas Foto 3×4 (2 lembar)

– Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan dari Polsek

– Fotokopi Ijazah asli yang hilang

Kepala Sekolah akan menandatangani SKPI diatas materai 6.000 beserta cap basah, pas foto 3×4 ditempel pada dokumen tersebut dengan cap tiga jari kiri pada bagian atas foto seperti ijazah asli.

Jika fotokopi ijazah dan belum dilegalisir, mintalah legalisir kepada petugas TU sekolah.

3. Datang ke kantor Dinas Pendidikan sesuai kota/kabupaten sekolah

Jika sekolah Anda sudah tidak ada, siapkan materai 6.000, 2 buah dan pas foto 3×4 dan 2 lembar untuk tahap ini. Pada bagian paling bawah SKPI ada kolom yang harus pejabat dari Dinas Pendidikan tandatangani.

Adapun syarat-syaratnya antara lain:

– Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (tanda tangan diatas materai 6.000) + Fotokopi (2 lembar)

– Selain itu, Surat Pernyataan Saksi 2 orang teman seangkatan sekolah (tanda tangan dengan materai 6.000) dan bukti fotokopi ijazah saksi yang telah dilegalisir sekolah dan fotokopi KTP (2 lembar)

– Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan dari Polsek + fotokopi (2 lembar)

– Fotokopi KTP (2 lembar)

– Fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir (2 lembar)

Jika petugas Dinas Pendidikan sedang ada di tempat, proses ini bisa rampung dalam sehari. Jika sekolah Anda sudah tidak ada, pihak Disdik bisa membuatkan SKPI dengan kop surat Dinas Pendidikan.

4. Simpan SKPI

Kemudian simpan baik-baik SKPI, jangan lupa untuk fotokopi legalisirnya karena dokumen ini sudah berfungsi dan sah dipergunakan sebagai pengganti Ijazah asli yang hilang. (ysf)

The post Cara Mengurus Ijazah yang Hilang atau Rusak appeared first on Radar Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.