Cianjur Selatan Lumbung Benih Lobster Terbaik

RADARCIANJUR.com – Kabupaten Cianjur tidak hanya memiliki kekayaan alam yang luar biasa, terlebih di wilayah Selatan. Ternyata, wilayah Pantai Cianjur Selatan (Cisel) digadang-gadang menjadi penghasil benih bening lobster (BBL) terbaik se-Indonesia.

Bahkan, jumlahnya tidak sedikit. Tangkapan BBL diperkirakan mencapai 4,7 juta ekor per bulan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Cianjur, Erwin Safrudin.

Suburnya pertumbuhan benih lobster dengan kualitas terbaik se-Indonesia dikarenakan Pantai Selatan Cianjur tidak ada pencemaran lingkungan dari industri maupun sampah.

“Tekstur pantai selatan memang banyak terumbu karang, sehingga pertumbuhan benih lobster sangat melimpah,” ujarnya.

Lanjutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 17 Tahun 2021 kegiatan penangkapan benih bening lobster diperbolehkan. Akan tetapi, untuk ekspor dilarang dan hanya dijual untuk kebutuhan budidaya lokal serta penelitian.

“Penangkapannya hanya bisa dilakukan oleh nelayan kecil. Seperti di pantai Cianjur selatan penangkapan BBL menggunakan cara tradisional perorangan. Mereka hanya pakai ban dalam mobil sebagai pelampung untuk menyisir terumbu karang di pinggir-pinggir pantai,” paparnya.

Berdasarkan data dari surat keterangan asal benih (SKAB) benih lobster dan aktivitas penangkapan BBL jumlah penelayan ada sebanyak 59 orang dengan hasil tangkapan rata-rata 20.000 ekor per orang (nelayan). Jika dikalkulasikan secara keseluruhan penangkapan sekitar 4,7 juta ekor per bulan.

“Tapi tahun ini kami belum memiliki data pastinya, karena kebijakan mengeluarkan surat keterangan soal izin penangkapan belum ditentukan. Apakah oleh dinas kami (DPKHP, red) atau dari provinsi,” tandasnya. (kim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.