Derita Emak Uum Asal Sukatani Tinggal di Rumah Bilik Nyaris Roboh

RADARCIANJUR.com – Emak Uum (50) warga Kampung Cipetir Rt02 Rw08 Desa Sukatani Kecamatan Haurwangi harus tinggal di sebuah rumah terbuat dari bilik.

Kondisi memprihatinkan pun kerap dirasakan Emak Uum kala hujan tiba. Tetesan air ditemui di setiap sudut rumah, yang membuatnya harus beralih ke kediaman tetangga. Pasalnya dikhawatirkan rumah tersebut tiba-tiba roboh.

“Kalau hujan semuanya bocor, kadang-kadang suka ngikut di tetangga karena takut roboh apalagi kalau ada angin,” ujarnya.

Ternyata, Emak Uum tinggal bersama suami dan cucunya di rutilahu Haurwangi, Cianjur tersebut. Selain itu, Emak Uum dan suaminya kerap sakit-sakitan.

BACA JUGA : Alasan Seniman Cianjur Pilih Berkarir di Jakarta

“Suami sudah tidak bekerja karena sakit sudah lama, anak saya bekerja bangunan tidak cukup untuk merenovasi rumah ini,” ungkapnya.

Eti (50) salah satu tetangganya mengatakan, rumah tersebut sudah tidak layak huni selama setahun. Hingga saat ini, belum ada perbaikan atau bantuan dari siapapun.

“Udah pernah ngajuin juga kaya ke Desa di bantu Rt, Rw tapi katanya jawabannya iya nanti nanti gitu jawabannya,” terangnya.

Walaupun anak Emak Uum bekerja, namun penghasilannya hanya cukup untuk makan dan berobat bapaknya. Selain memenuhi kebutuhan anak-anaknya.

“Mau gimana diperbaiki, ada juga buat makan, buat anaknya dan juga buat berobat, kerena kan udah pada sakit, Mak Uum juga sama biasanya ikut serabutan sama petani sekarang enggak kadang sakit,” jelasnya.

Tidak hanya itu, suami Emak Uum enggan keluar dari rumahnya. Meskipun, rumahnya sendiri sudah hampir roboh.

“Apalagi kalau hujan di suruh keluar juga gak mau, dia di dalam aja ngeliatin rumah gak mau keluar takutnya kan pas hujan ada angin takut roboh,” tuturnya.

BACA JUGA : 3 Fenomena Langit Langka Terjadi di Juni-Juli, Apa Saja?

Eti berharap, ada pihak manapun yang mau membantu Emak Uum untuk merenovasi rumahnya. Sehingga bisa kayak ditinggali.

“Saya juga suka kasian, saya juga pengen bantu tapi saya juga gak punya, ya semoga aja ada dari pihak manapun yang bisa membantu keluarga Emak Uum,” tutupnya. (kim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.