Diduga Hepatitis Akut, Pasien RS Hermina Bekasi Dirujuk ke RSCM

Dinkes Kota Bekasi
Dinas Kesehatan Kota Bekasi memantau perkembangan pasien RS Hermina yang dirujuk ke RSCM Jakarta diduga kasus Hepatitis Akut.

KOTA BEKASI – Seorang pasien anak laki-laki berusia 10 tahun 11 bulan di RS Hermina, Kota Bekasi, diduga terkena penyakit Hepatitis Akut. Yang bersangkutan sejak tanggal 7 Mei 2022 sudah dirujuk ke RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, setelah sebelumnya sempat dibawa ke RS Hermina, Kota Bekasi.

Karena diagnosa dan hasil pemeriksaan laboratorium di RSCM belum keluar, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohikawati menegaskan, sejauh ini di wilayahnya belum ditemukan ada kasus Hepatitis Akut yang rentan menyerang anak-anak.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, Tanti mengaku sudah memerintahkan anak buahnya untuk memantau perkembangan kasus anak di RS Hermina Kota Bekasi ity, yang kini ditangani RSCM tersebut.

“Bila nantinya hasil pemeriksaan di RSCM, menyatakan yang bersangkutan benar terkena Hepatitis Akut, hal itu akan dilaporkan ke Komite Ahli Kemenkes,” katanya.

Dalam waktu dekat ini, menurut Tanti, pihaknya akan mengumpulkan seluruh dokter spesialis anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyakit Hepatitis Akut.

Tanti juga menyatakan, saat ini seluruh fasilitas kesehatan di Kota Bekasi sudah disiapkan untuk menerima pasien Hepatitis Akut yang rentan menyerang anak berusia 16 tahun ke bawah dengan gejala seperti, demam dan mual.

“Saya juga meminta orang tua bisa segera mendatangi puskesmas terdekat bila anaknya menderita sakit dengan gejala mirip Hepatitis Akut tersebut,” terangnya.

Terpisah, untuk pencegahan agar tidak ada warga yang terkena penyakit Hepatitis Akut, Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menyebut, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan sosialisasi ke seluruh fasilitas kesehatan dimulai dari Posyandu.

“Alhamdulillah kita masih aman. Dan kemarin yang diduga kasus Hepatitis langsung dirujuk ke RSCM Jakarta,” imbuh Plt Wali Kota Tri Adhianto. (pay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.