Dinas Sosial Kota Sukabumi Baru Tangani Lima ODGJ di Tahun Ini

Dinsos Kota Sukabumi

Sumber: Radar Sukabumi

SUKABUMI — Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi, mencatat selama 2022 tedapat lima Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ditangani. Hal itu, dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat.

Kepala Dinsos Kota Sukabumi, P. Saepul Hayat mengatakan, dalam penanganan ODGJ petugas Dinsos terlebih dulu memastikan orang tersebut benar mengalami gangguan jiwa atau hanya orang terlantar. “Selama tahun ini, ada sekitar lima ODGJ yang kami tangani,” kata Saepul kepada Radar Sukabumi, Senin (20/6).

Dalam penanganan ODGJ ini, lanjut Saepul, petugas akan segera melakuka evakuasi dan diamankan jika berada di lokasi yang berbahaya. Misal, ODGJ berada di tengah jalan dan ODGJ yang berada di lokasi lainnya yang dapat mengancam keselamatannya dan orang lain. “Setelah dievakuasi, petugas akan segera melakukan tes kesehatan untuk memastikan apakah yang bersangkutan benar mengalami gangguan jiwa atau hanya orang terlantar,” bebernya.

Jika diketahui mengalami gangguan jiwa, sambung Saepul, maka ODGJ tersebut akan diamankan di Rumah Singgah yang dimiliki Dinas Sosial Kota Sukabumi. “Setelah itu, kami alan segera mencari informasi terkait tempat tingga ODGJ tersebut bisa dengan cara sidik jari maupun dengan cara lainnya. Ketika ditemukan, petugas akan segera koordinasi dengan pihak keluarga maupun Dinsos setempat,” ujarnya.

Saepul menghimbau, apabila masyarakat menemukan ODGJ yang dapat mengancam keselamatan warga maupun keselamatan ODGJ tersebut agar segera melaporkannya kepada pemerintah setempat. “Jika ada laporan dari warga kami akan segera terjun ke lokasi untuk memastikan dan evakuasi,” pungkasnya. (bam)

DIWAWANCARA: Kadinsos Kota Sukabumi, P.unjul Saepul Hayat saat diwawancara Radar Sukabumi usai menghadiri penyerahan bantuan hasil Udunan Online di Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, Senin (20/6). FT: BAMBANG/RADARSUKABUMIThe post Dinsos Kota Sukabumi Baru Tangani Lima ODGJ di Tahun Ini appeared first on Radar Sukabumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.