Disdukcapil Cianjur Bakal Luncurkan KTP Digital

RADARCIANJUR.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Cianjur akan meluncurkan KTP digital untuk mempermudah berbagai pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat.

Dengan adanya KTP digital, masyarakat tak perlu membawa foto copy KTP atau KTP asli untuk mengurus administrasi apapun di setiap instansi pemerintah dan swasta.

Kepala Disdukcapil Cianjur Munajat mengatakan, program tersebut merupakan perencanaan terkait dengan kegiatan migrasi siap terpusat yakni sistem administrasi di setiap kota/ kabupaten.

“Kemarin dimulai sejak bulan Mei dilakukan migrasi terpusat berada di Dirjen Kemendagri Disdukcapil. Diperkirakan bulan sekarang akan selesai sehingga bulan depan akan diberlakukan penerapan KTP digital,” katanya.

Sasaran pertama program itu yakni ASN di Disdukcapil, kemudian seluruh ASN di seluruh instansi disusul setelahnya mahasiswa.

BACA JUGA : Viral Video Ustad Abdul Somad Ditolak Ceramah di Jonggol

“Pertimbangannya mahasiswa karena mereka familiar dengan android, diperki rakan mampu mensosialisasikan ke keluarganya masing-masing,” ujarnya.

Fitur atau keunggulan KTP digital ini di antaranya mengenai identitas diri melalui KTP dan kartu KK.

“Seperti membuat SIM atau ke bank tidak perlu lagi bawa KTP asli atau foto copy. Di saat kita membawa di android, di KTP digital, mereka bisa scan sehingga datanya sudah ada otomatis,” terangnya.

Munajat menyebut, adanya KTP Digital ini tidak menonaktifkan fungsi dari KTP manual, sehingga masyarakat tak perlu khawatir.

“Nanti akan kita sosialisasikan ke setiap instansi, tak perlu khawatir keberadaan KTP manual tidak berlaku. Bisa jadi nanti masyarakat bisa memiliki 2 KTP yang manual dan digital,” pungkasnya.(byu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.