Dishub Uji Kelayakan Angkutan Mudik Lebaran 2022

Dishub Uji Kelayakan Angkutan Mudik Lebaran 2022

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Dinas Perhubungan Kota Bekasi kembali melakukan ram check atau uji kelayakan kendaraan angkutan mudik Lebaran 2022.

Menyusul perintah Kementerian Perhubungan agar Dishub di daerah melakukan uji kelayakan atau ram check kendaraan angkutan mudik Lebaran 2022 di terminal.

Inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum, atau angkutan mudik Lebaran 2022 di Terminal Induk Kota Bekasi, Selasa (26/4).

Usai melakuka ram check, Kabid Prasarana pada Dishub Kota Bekasi, Johan Budi Gunawan mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut saat rakor dengan Kementerian Perhubungan dalam rangka mempersiapkan angkutan lebaran yang aman dan nyaman bagi pemudik

“Kami sediakan 100 sticker yang akan ditempelkan ketika angkutan lebaran layak beroperasi. Bila ada yang rusak berat, kita langsung koordinasi dengan kepala terminal agar tak boleh beroperasi,” kata Johan usai ram check di Terminal Induk Kota Bekasi.

Ia juga menyampaikan, pihaknya ke depannya akan lebih sering melakukan pengecekan rangka mesin dan kelengkapan administrasi.

Apalagi menjelang musim arus mudik seperti ini harus lebih detail pengecekannya guna antisipasi terjadinya kecelakaan pada kendaraan yang mengangkut pemudik

“Pastinya kita akan lebih rutin lagi pengecekan berkalanya. Jangan hanya ada moment seperti ini saja, supaya penumpang itu nyaman ketika menuju kampung halamannya,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor KIR Dishub Kota Bekasi, Hadi Prabowo mengatakan, pihaknya menerjunkan lima orang penguji dan 1 PPNS untuk melakukan ram check selama 5 hari.

Namun, bila saat pengecekan ada kekurangan. Maka pihaknya langsung menegur secara lisan agar dilengkapi kekurangannya tersebut

“Bila kami menemukan kekurangan, dari pemilik kendaraan. Kita akan segera melengkapi kekurangan tersebut. Tapi yang lebih di tekankan lagi adalah seperti lampu penerangan dan uji rem, itu yang harus diutamakan,” terangnya. (pay)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.