Girder Kereta Cepat Jakarta-Bandung “Nyium” Jembatan Curug Pondokgede, Begini Penjelasan KCIC

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemasangan box girder Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Jembatan Curug Raya Pondokgede, Kota Bekasi, diketahui sejak Senin (13/6) hingga hari ini masih berlangsung.

Dari pemasangan box girder tersebut, kendaraan yang melintas di Jembatan Curug Raya Pondokgede, hanya bisa dilalui kendaraan yang tingginya hanya 1,7 meter. Terlihat memang sebagian besar kendaraan yang melintas hanya kendaraan roda dua (motor).

Grand Manager Corporate Secretary PT. KCIC, Rahadian Ratry mengungkapkan, pemasangan box girder di Jembatan Curug Raya Pondokgede, Kota Bekasi, sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Perlu kami luruskan jika itu adalah proses pemasangan girder box seperti pada umumnya. Dan itu sudah kita sosialisasikan,” kata Rahadian kepada awak media, Selasa (14/6).

Sebelum pemasangan girder box, sambung Rahadian Ratry, pihaknya sudah melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan warga sekitar.

Termasuk mengenai pembangunan jembatan pengganti dan tetap dioperasionalkannya jembatan antilop eksisting dengan sejumlah pengamanan dan pengaturan lalu lintas.

Namun, dari pemasangan box girder, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Bekasi agar mekanisme lalu lintas di lokasi bisa berjalan secara maksimal.

“Selain itu kami juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan setempat mengenai hal ini. Dan saat ini mengenai jembatan itu juga masih dapat digunakan secara terbatas,” ujarnya.

Selain itu, jembatan pun hanya dapat dilintasi oleh kendaraan dengan ketinggian maksimal 1,7 meter. Seperti sepeda motor dan mobil sedan, dengan pengawasan ketat.

Tetapi untuk dioperasionalkannya jembatan ini secara terbatas sesuai dengan aspirasi dari masyarakat untuk dapat memanfaatkan jembatan untuk beraktivitas.

“Sebagai bentuk pengamanan, kami memasang portal (pembatas ketinggian) di dua sisi dan lampu penerangan. Kami juga melakukan penjagaan 24 jam (3 shift) untuk memastikan warga aman ketika melintas. Secara paralel, pembangunan jembatan baru sedang kami lakukan,” ungkapnya. (pay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.