H-3, Lalin Sukabumi Mulai Padat

Sukabumi Mudik 60x60 1uqqhb

Sumber: radarsukabumi.com

SUKABUMI – H-3 liburan panjang lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di wilayah lintasan jalur mudik Kabupaten Sukabumi, terpantau mulai ramai lancar, kemarin (29/04).

“Meskipun sudah banyak kendaraan yang mulai mudik lebaran, namun dari pantauan CCTV di TMC Simpang Cikidang, kondisi lalu lintas di beberapa jalan arteri masih terpantau lancar,” kata Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Kanit Turjawali) Satlantas Polres Sukabumi, IPDA Faisal kepada Radar Sukabumi sambil menunjukan pantaun CCTV arus mudik di TMC Pos Elang Cibadak, Jumat (29/04).

Dari pantauan CCTV, arus mudik atau balik dan wisata dapat terlihat, dimana di beberapa ruas jalan sepanjang Cicurug hingga Karang Hawu antrean kendaraan belum terlihat siginifi kan.

Sehingga, arus lalu lintas pada H-3 masih terpantau ramai dan lancar. “Ada 16 CCTV yang difungsikan untuk memantau arus lalu lintas dimulai dari jalur arteri di wilayah Utara Sukabumi hingga Simpang jalan di Sukabumi,” ujarnya.

Dari 16 pantauan CCTV ini, sambung Faisal, arus lalu lintas tampak terlihat tersendat pada pukul 13.10 WIB di kawasan Pasar Parungkuda dan Pasar Cibadak. Hal ini terjadi dikarenakan aktivitas masyarakat yang masih antusias mengunjungi pasar.

Untuk mengantisipasi antrean panjang kendaraan atau kemacetan arus lalu lintas, anggota Satlantas Polres Sukabumi juga menempatkan anggotanya di depan jalur alternatif Tenjo Ayu guna mengurai kemacetan di daerah Kecamatan Cicurug.

“Kami melakukan rekayasa arus lalu lintas kendaraan yang melaju dari arah Bogor menuju Sukabumi melalui jalan alternatif Tenjo Ayu,” ujarnya.

Kemacetan ini, akan kembali terjadi pada pukul 15.00 WIB tepatnya saat bubaran karyawan pabrik.

Ini dapat dipastikan terjadi dikarenakan masih ada beberapa pabrik atau perusahaan di daerah Cicurug hingga Cibadak yang masih tetap beroperasi.

Meski demikian, Satlantas Polres Sukabumi mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik dan melintasi atau menuju Sukabumi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Iya, jangan lupa juga untuk menjaga keselamatan,” pungkasnya.

Untuk di Kota Sukabumi, titik kemacetan terjadi di Jalan Ahmad Yahni yang menjadi pusat perbelanjaan, serta Alun-alun Kota Sukabumi.

“Kami sudah mempersiapkan anggota dalam rangka pengamanan jalur-jalur kemacetan yang ada di Kota Sukabumi.

Tentu dibantu dengan instansi terkait seperti anggota Disub, untuk pengamanan jalur yang rawan macet disaat masyarakat yang akan datang berbelanja,” beber Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Sukabumi Kota, AKP Tejo Reno Indratno.

Selain memberlakukan satu pintu untuk penyebrangan masyarakat dipusat perbelanjaan, Tejo menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tertib.

Termasuk masyarakat yang parkir di pinggir jalan. Pasalnya, aktivitas masyarakat yang tidak tertib melakukan parkir di sembarang tempat itulah yang menjadi penyebab terjadinya kepadatan arus lalu lintas di pusat perbelanjaan.

“Untuk penempatan personel kita sudah full, dari mulai jalur barat, kemudian timur dan perkotaan.

Intinya untuk titik-titik pusat yang banyak aktivitas masyarakatnya dan arus lalin simpul-simpul kemacetan, maka personel kita laksanakan pengaturan disitu,” ujarnya.

Masih kata Tejo, dirinya menyampaikan imbauan kepada masyarakat, khususnya yang akan melaksanakan mudik, agar tetap patuhi peraturan lalu lintas.

Selanjutnya, untuk masyarakat yang berada di dalam Kota Sukabumi, dan hendak melaksanakan aktivitas harian atau mendatangi pusat perbelanjaan, tetap melaksanakan protokol kesehatan yang paling utama.

Kemudian patuhi peraturan lalu lintas, Jangan parkir sembarangan.

“Kami juga melaksanakan kegiatan himbauan keliling mengenai prokes. Kami juga memberikan masker kepada pengguna jalan yang kedapatan tidak menggunakan masker,” pungkasnya. (cr1/den/t)

The post H-3, Lalin Sukabumi Mulai Padat appeared first on radarsukabumi.com.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.