Harga Sembako PSM Palabuhanratu Sukabumi, Bawang Merah Naik, Daging Ayam Turun

Sumber: Radar Sukabumi

PALABUHANRATU – Pekan lalu, harga cabai naik tembus Rp80.000 per kilogram. Kali ini giliran komoditi bawang merah yang naik dari Rp45.000 per kg menjadi Rp50.000 per kg. Begitulah kondisi harga komoditi bumbu-bumbu dapur jelang Iduladha Tahun 2022 di Pasar Semi Modern (PSM) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/6).

Menurut Pencatat Harga Sembako PSM Palabuhanratu Maulana, kenaikan tersebut akibat para petani gagal panen karena cuaca buruk.

Namun begitu, sejauh ini untuk persediaannya di PSM Palabuhanratu masih aman alias tersedia.

“Rata rata kata para pedagang, kenaikan bawang merah ini akibat para petani alami gagal panen, saat para petani panen tidak hasil,” ungkap Maulana, Kamis (23/6).

Maulana menjelaskan, adapun saat ini persediaan bawang merah yang ada di PSM Palabuhanratu sebagian besar merupakan kiriman dari luar Sukabumi ataupun dari Jawa.

“Untuk harga lainnya masih stabil seperti minggu lalu, ada beberapa justru mengalami penurunan harga,” jelasnya.

Seperti halnya, kata Maulana, harga daging ayam turun dari Rp 40.000 per Kg pada pekan lalu menjadi Rp 38.000 per Kg. Telur ayam dari Rp29.000 per Kg turun menjadi Rp28.000 per Kg.

“Akan kita pantau terus, dikhawatirkan adanya kenaikan harga sembako yang tidak wajar, apalagi sekarang menghadapi Idul Adha,” terangnya.

Sementara itu, Dewi Salamah (39) salah seorang pemilik warung makan mengaku pasrah dengan semakin mahalnya harga harga sembako.

Pasalnya meski harga naik harus dibeli guna memenuhi ketersediaan masakan di tempat jualannya.

“Ya mau gak mau, sebagai pedagang, mahal atau tidak harus dibeli untuk memenuhi kebutuhan di warung. Mudah mudahan semakin dekat ke Idul Adha gak lagi ada kenaikan harga sembako, bisa bisa saya gak jualan lagi nanti kalau harga bumbu dan kebutuhan lain semakin mahal,” tandasnya.

Berdasarkan informasi harga beras premium masih Rp10.000 per kg, minyak goreng kemasan Rp24.000 per liter, minyak goreng curah Rp16.500 per Liter, daging sapi dan kerbau Rp130.000 per Kg, cabai merah kriting dan besar masih Rp 80.000 per Kg, bawang putih Rp25.000 per Kg. (Cr2/d)

Pasar Semi Modern (PSM) Palabuhanratu, Kabupaten SukabumiThe post Harga Sembako PSM Palabuhanratu Sukabumi, Bawang Merah Naik, Daging Ayam Turun appeared first on Radar Sukabumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.