IDM Kabupaten Bogor Lampaui Target RPJMD 2023

IMG 20220426 WA0019 bvaURs

CIBINONG-RADAR BOGOR, Bupati Bogor, Ade Yasin menyebutkan, nilai Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Bogor saat ini 0,7681 poin dari target di akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2023 yakni 0,7524 poin.

“Kita sudah melebihi target, namun kita akan terus berupaya untuk meningkatkan nilai IDM ke status tertinggi yakni status mandiri.

Baca juga: DWP Kabupaten Bogor Ajak Perempuan Aktif Kembangkan Potensi Diri

Nilai IDM Kabupaten Bogor saat ini melampaui target akhir RPJMD di tahun 2023,” kata Ade Yasin.

Dirinya memaparkan, di Kabupaten Bogor ada 93 desa mandiri, 229 desa maju, 94 desa berkembang. Dan kini nihil desa tertinggal, dari sebelumnya ada 45 desa tertinggal.

Menurutnya, ini merupakan hasil dari kerja keras pihaknya menyelesaikan ketertinggalan dalam dua tahun terakhir. Dia berharap, tidak ada desa yang turun statusnya menjadi desa tertinggal kembali.

“Berbagai upaya dilakukan untuk mendorong desa membangun karena Kabupaten Bogor sebagian besar wilayah perdesaan, kemajuan pembangunan akan dilihat dari sejauh mana desa-desa mampu berkembang dan maju menjadi desa mandiri,” tutur Ade Yasin.

Ke depan, lanjutnya, Pemkab Bogor bermaksud meningkatkan kerjasama, sinergi dan kolaborasi dengan para tenaga ahli pendamping desa yang profesional.

Dengan berharap, para pendamping lebih terlibat dan banyak berperan dalam fasilitasi, edukasi, mediasi dan advokasi terhadap pemerintah desa dan masyarakat, guna meningkatkan kapasitas, efektivitas dan akuntabilitas pemerintah desa.

“Dan membantu kelancaran program desa membangun seperti Samisade, rutilahu, stunting, upaya penanggulangan kemiskinan, dan sebagainya,” tukasnya.(cok)

The post IDM Kabupaten Bogor Lampaui Target RPJMD 2023 first appeared on RADAR BOGOR | Berita Bogor Terpercaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.