Depok  

Januari hingga Juni, Damkar Depok Evakuasi 343 Hewan Liar

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Terhitung Januari hingga Juni 2022, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengevakuasi 343 hewan liar. Adapun, kehadiran hewan liar itu kerap mengganggu kenyamanan dan keamanan warga.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana menyebutkan, hewan liar yang memasuki permukiman masyarakat itu dipengaruhi sejumlah faktor. Terutama, hewan tersebut banyak yang kehilangan habitat aslinya.

“Rantai makanan yang sulit dicari di habitat asli memungkinkan  hewan liar tersebut mencari makan hingga ke rumah-rumah warga,” ungkapnya kepada Radar Depok, Kamis (4/8).

Dia menjelaskan, perubahan cuaca yang tak menentu di Kota Depok juga menjadi salah satu penyebabnya. Karena, perubahan cuaca dapat mengubah perilaku hewan liar.

“Jika panas mereka akan mencari tempat yang suhunya lebih hangat dan nyaman seperti di rumah-rumah warga,” terang Gandara.

Sementara itu, Kabid Dalops pada Dinas Damkar dan penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos menuturkan, sejak Januari hingga Juni 2022. Pihaknya, berhasil mengevakuasi sejumlah hewan liar dari permukiman warga.

“Jenis hewan liar yang berhasil dievakuasi adalah ular, biawak dan tawon,” bebernya.

Pada periode itu, kata Welman, pihaknya sempat mengevakuasi seekor monyet atau kera dari permukiman warga. Hewan liar itu diduga memasuki pemukiman warga, karena kelaparan.

“Cuma ada satu evakuasi monyet atau kera sepanjang periode Januari-Juni 2022,” tandasnya. (rd/ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Junior Williandro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.