Jenazah Eril Langsung Dibawa ke Bandung Via Darat Usai Tiba di Indonesia

Ridwan Kamil Eril

BANDUNG– Ridwan Kamil beserta jenazah putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan tiba di Bandung pada Minggu (12/6/2022) malam.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha mengatakan, jenazah Eril akan diberangkatkan melalui Bandara Zurich, Swiss pada pukul 10.00 waktu setempat, atau pukul 15.45 WIB.

“Tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada hari Minggu pukul 15.45 WIB. Jenazah langsung di bawah ke Bandung lewat jalan darat,” ujar Judha dalam konferensi pers, Sabtu.

Judha menyebut, terkait maskapai yang akan mengangkut Eril beserta Ridwan Kamil dari Swiss pulang ke Indonesia, yakni pesawat Qatar Airways dan dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (12/6) sore.

“Sesuai arahan Presiden dan Menlu, maka KBRI Bern dan Kemlu bantu semaksimal mungkin, dari pencarian sampai pemulangan,” katanya.

Perwakilan keluarga Ridwan Kamil Erwin Muniruzaman mengatakan, jenazah Eril akan disemayamkan di Gedung Pakuan Bandung. “Jenazah Eril diperkirakan tiba di Gedung Pakuan pada Minggu malam dan saat tiba akan ada acara keluarga inti,” ujar Erwin.

Erwin mengungkapkan, setelah acara keluarga inti selesai, pihak keluarga mempersilakan masyarakat yang ingin mendoakan Eril langsung di Gedung Pakuan sekitar pukul 23.00 Minggu malam sampai pukul 08.00 WIB Senin (13/6/2022).

Pihak keluarga tidak akan membatasi jumlah warga yang datang. Tim Pemprov Jabar hanya akan mengatur saat warga berdatangan supaya berjalan tertib.

Adapun untuk rencana pemberangkatan jenazah dari Gedung Pakuan menuju lokasi pemakaman akan dilakukan pada Senin pukul 09.00 WIB. “Di hari Senin kami akan berangkat ke lokasi pemakaman keluarga yang ada di Cimaung, Kabupaten Bandung,” tuturnya.

Juru Bicara Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Wahyu Mijaya menambahkan, jenazah Eril akan dimakamkan di Cimaung, pada Senin pukul 09.00 WIB.

Untuk rute yang ditempuh yakni dari Gedung Pakuan menuju Wastukencana, lalu masuk tol Pasteur, menuju Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja). Rombongan kemudian exit tol Soreang, menuju arah Banjaran dan berakhir di Cimaung.

“Maka dari itu kami mengimbau dan meminta maaf sebelumnya kepada masyarakat sekitar yang akan terdampak dalam perjalanan nanti. Untuk antisipasi, agar masyarakat melewati jalur alternatif jika terjadi kemacetan,” katanya.

“Pihak keluarga tidak mengambil waktu sepagi mungkin karena jadwal jam 9 di hari Senin biasanya pagi-pagi masih masyarakat yang masuk sekolah atau kerja. Mudah-mudahan dengan demikian yang akan sekolah atau bekerja tidak akan terganggu, karena kami baru berangkat jam 9,” tandas Wahyu.

Sementara itu, terkait halnya dengan prosesi pemakaman, Erwin menjelaskan, selama proses pemakaman berlangsung hanya dihadiri keluarga. Hal itu dilakukan berdasarkan situasi dan kondisi di lokasi pemakaman.

“Sehingga mohon maaf apabila untuk warga yang sudah menyampaikan doa di Pakuan tidak perlu ke pemakaman. Warga diizinkan apabila akan berdoa atau ziarah kubur dipersilakan setelah proses pemakaman,” imbuhnya.

Makam Eril baru akan dibuka untuk warga berziarah setelah proses pemakaman oleh keluarga selesai sekitar pukul 12.00 WIB. Warga bisa berziarah hingga sore hari pukul 17.45 WIB atau menjelang Maghrib. Kemudian makam Eril masih tetap dibuka untuk warga pada Selasa-Minggu setiap pukul 08.00-17.00 WIB. (jpg/RADARBANDUNG.id, )

The post Jenazah Eril Langsung Dibawa ke Bandung Via Darat Usai Tiba di Indonesia appeared first on Radar Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.