Jumlah Siswa Baru Selalu Sedikit, Jarak SDN IV Rengasdengklok Selatan Berdekatan

RENGASDENGKLOK, RAKA – Siswa kelas I tingkat sekolah dasar tahun ajaran 2022-2023 di wilayah Rengasdengklok sebanyak 2.037 siswa. SDN IV Rengasdengklok Selatan memiliki siswa baru paling sedikit dari tahun ke tahun.
Kepala SDN IV Rengasdengklok Selatan Agus Suryadi mengaku bukan hanya tahun ajaran baru ini, sebelumnya juga siswa kelas I SD IV hanya 13 orang. Kata Agus, minimnya siswa baru di SD tempat tugasnya itu sudah turun temurun. Pihaknya mengaku siswa kelas I sampai kelas VI berjumlah 105 siswa.
“Batasan minimal satu kelas itu kan 28 siswa, tapi di sini paling banyak itu kelas V. Jumlah siswanya 26,” kata Agus yang baru menjabat enam bulan Kepala SDN IV Rengasdengklok Selatan, baru-baru ini.
Agus mengaku tidak mengetahui pasti apa penyebab utama anak-anak yang rumahnya dekat dengan SD IV, tapi memilih belajar di SD lainnya. Kata Agus, SDN VI, III, dan II Rengasdengklok Selatan ini jaraknya memang berdekatan.
“Memang jarak sekolah ini juga berdekatan dengan SD III dan SD II,” katanya saat ditemui beberapa hari lalu.
Meski jumlah peserta didik di SD IV Rengasdengklok Selatan ini sedikit, Agus menyebut yang terpenting mereka mengikuti belajar dengan baik.
“Siswanya banyak atau sedikit yang penting belajar,” paparnya.
Kepala Korwicambidik Rengasdengklok Rusta Anzela mengatakan tahun ini siswa baru di wilayah kerjanya sebanyak 2037 dari 35 SD swasta maupun negeri. Ia mencatat SDN Rengasdengklok Selatan II memiliki siswa baru terbanyak yaitu 140 siswa. “Siswa baru SD negeri yang paling sedikit itu SDN IV Rengasdengklok Selatan, jumlah siswa barunya hanya 12 orang,” katanya.
Lebih lanjut Rusta mengaku jumlah siswa baru di SDN IV Rengasdengklok Selatan tersebut selalu sedikit. Padahal pihak sekolah sudah berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar maupun aparat setempat untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah terdekat. “Kita sudah berupaya tapi kita tidak bisa memaksa orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke SDN IV Rengasdengklok Selatan,” imbuhnya.
Lokasi SDN IV Rengasdengklok Selatan, SDN II Rengasdengklok Selatan, dan SDN II Rengasdengklok Selatan terpantau cukup berdekatan. Meski begitu, kata Rusta, selama masih ada siswa di SDN IV Rengasdengklok Selatan tidak mungkin digabungkan dengan SDN lainnya.
“Walaupun jumlahnya sedikit yang penting pembelajarannya efektif,” ujarnya.(mra)

Artikel Jumlah Siswa Baru Selalu Sedikit, Jarak SDN IV Rengasdengklok Selatan Berdekatan pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.