Kapuskes Kotabaru Karawang Evaluasi Semua Pegawai

Kapuskes Kotabaru Karawang

KARAWANG – Setelah dikabarkan adanya pelayanan yang dikeluhkan oleh masyarakat, Kepala Puskesmas Kotabaru Ucin Supriadi melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap semua pegawainya.

“Kemarin semua perawat, dokter dan semua pegawai dikumpulkan dan kita lakukan evaluasi dari segi pelayanan ataupun komunikasi agar terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya kepada Radar Karawang, Kamis (12/5).

Bacaan Lainnya

Ucin menuturkan, sejak pandemi Covid-19 mewabah semua instansi pemerintah maupun swasta mengharuskan pengunjungnya untuk menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan menggunakan masker. Begitupun juga di Puskesmas Kotabaru. Pihaknya mengharuskan semua yang datang agar menerapkan prokes yaitu menggunakan masker.

“Di tempat-tempat umum juga diharuskan menggunakan masker, apalagi di pelayanan kesehatan. Kita mengharuskan semua yang datang menggunakan masker,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata dia, ketika ada masyarakat yang tidak menggunakan masker petugas puskesmas akan menegur dan menyuruhnya untuk terlebih dahulu menggunakan masker.

“Kemarin itu pasien datang tidak pakai masker dan disuruh pulang. Karena yang bertugas itu orang sebrang, jadi intonasi atau gaya bicaranya seperti marah. Bahkan saya ada di situ dan yang bersangkutan sudah saya kasih masker kemudian mendapat pemeriksaan,” jelasnya.

Kedepannya, lanjut Ucin, pelayanan terhadap masyarakat yang diberikan oleh Puskesmas akan lebih baik lagi. Ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan. “Baik pelayanan ataupun komunikasi dengan pasien akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Bidang pelayanan umum Dinas kesehatan Rusli Gunawan mengatakan, etika yang baik menjadi dasar dalam suatu pelayanan publik khsusunya dalam pelayanan kesehatan.

“Meskipun dalam SOP pelayanan kesehatan hanya mengatur mekanisme pelayanan pemeriksaan, tapi sikap yang baik ini menjadi hal penting dalam suatu pelayanan,” ucapnya.

Ia mengimbau kepada seluruh puskesmas di Kabupaten Karawang untuk terus mengevaluasi pelayanan yang sekiranya dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

“Jadikan Puskesmas ini sebagai pelayanan kesehatan gratis yang memberikan kenyamanan terhadap masyarakat. Untuk selanjutnya akan kita evaluasi ditiap Puskesmas khususnya pelayanan dasar,” katanya.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, Akmaludin mengungkapkan, pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas harusnya dibarengi dengan etika yang baik dari petugasnya. Sebab pelayanan yang dibutuhkan bukan hanya soal kesehatan jasmani tapi juga batinnya.

“Pelayanan kesehatan itu harus satu paket dengan etitudenya. Melayani orang sakit itu harus dengan lemah lembut sehingga memberikan rasa nyaman kepada pasien,” kata legislator dapil lima ini. (mal/nce)

Artikel Kapuskes Kotabaru Evaluasi Semua Pegawai pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.