Ketua DPRD Kota Bekasi: Alumni Ramadan Harus Seimbang Kesalihan Sosial dan Ritual

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menyambut hari kemenangan umat Islam di Hari Raya Idulfitri 1443 H, Ketua DPRD Kota Bekasi M. Saifuddaulah menjadi khatib di Mesjid Nurul Fitri Jatiwarna, Komplek Pondok Cemara, Kota Bekasi.

Ustad Daulah, biasa disapa, akan memberikan tausiyah kutbah Salat Id bertema “Pesan Ramadan Jadikan Manusia Paripurna dalam Keseharian”. Intinya, menjaga kesalihan sosial dan kesalihan ritual harus tetap seimbang.

“Alumni Ramadan harus terus meningkatkan kedekatan dengan Allah (quwwatu shilallah billah). Karena selama Ramadan, kita diberikan pelajaran untuk menjaga amalan ibadah atau mengabdi kepada Allah, Tuhan Penguasa Alam. Hakikatnya terus menjaga kedekatan kepada Allah,” papar Saifudaullah.

Selain itu, papar Saifuddaullah, pesan Ramadan adalah menjaga hubungan sosial dengan masyarakat (kesalihan sosial). Hal ini sebagai bentuk kekuatan hablum minannas. Serta wujud lahirnya kesalihan sosial yang harus terus dijaga dan dirawat dalam kehidupan sehari-hari agar nilai-nilai ibadah Ramadan yang telah kita jalani dapat terpancar dalam pola hubungan sosial kemasyarakatan.

“Amaliah bulan Ramadan memberi pelajaran tentang pembiasaan pasca Ramadan. Menjadi manusia paripurna, yang menjaga kedekatan kepada Allah dengan semakin meningkat ibadah keseharian. Serta menimbulkan rasa empati kepada sesama,” pungkasnya.(zar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.