Kurang Informasi Jalan Arteri Bekasi

Jalan Arteri Bekasi
Suasana arus mudik landai di jalan arteri Jenderal Ahmad Yani, Kota Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Informasi mengenai jalan arteri menjadi catatan pada saat rekayasa lalu lintas diberlakukan di ruas jalan tol, meski tidak dipungkiri ada beberapa catatan positif selama arus mudik, diantaranya angka kecelakaan lalu lintas dan waktu perjalanan pemudik dinilai lebih singkat.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, Djoko Setijowarno memberikan beberapa catatan selama arus mudik kemarin. Pertama, berdasarkan data yang didapat dari Jasaraharja, jumlah korban kecelakaan pada arus mudik tahun ini disebut menurun 45 persen.

Bacaan Lainnya

Kedua, waktu perjalanan dari wilayah barat pulau Jawa menuju ke wilayah timur lebih singkat lantaran terhubungnya akses tol. Hanya saja, ia mencatat informasi penggunaan jalan tol masih dinilai kurang maksimal.

“Padahal dengan informasi jalan arteri ini, bisa lebih punya alternatif pada saat mudik kemarin. Nah ini untuk arus baliknya, informasi jalan arteri juga harus diberikan sehingga punya pilihan,” paparnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Djoko memprediksi volume lalu lintas pada momen arus balik akan cenderung lebih landai dibandingkan dengan arus mudik. Termasuk bagi masyarakat berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, ada momen lebaran ketupat, masyarakat dari daerah ini cenderung bergerak setelah momentum lebaran ketupat.

“Tahun ini mungkin lebaran ketupatnya di hari Sabtu atau Minggu, di hari Senin baru kembali (bergerak balik),” tambahnya.

Sedangkan bagi kelompok yang bekerja di sektor informal, mereka cenderung tidak dibebani target untuk segera kembali ke kota. Hasil Survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) beberapa waktu lalu, ada 8,9 persen pemudik berlatar belakang wiraswasta atau pedagang, kelompok ini bisa lebih lama berada di kampung halaman.

“Kemudian sekarang bagi yang bekerja pun saya kira bisa minta rekomendasi untuk di rumah dulu, ketimbang menumpuk di tanggal 6, 7, dan 8,” tukasnya.(sur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.