Depok  

Lebih Dekat dengan UMKM Depok, Tectona Grandis (2) : Artinya Pohon Jati, Karyanya Sampai Tanah Mekah

Nama Tectona Grandis merupakan nama latin pohon jati karena pertama kali mereka berkumpul dan berkarya di Kelurahan Jatijajar Depok. Tak main-main, karya mereka mampu menembus tanah haji.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM, Gagasan kemunculan Tectona Grandis memang tidak terlepas dari peran Ning Salfia. Sebab mampu merubah pemikiran, yang tadi usaha itu tujuannya untuk diri sendiri menjadi usaha bersama untuk keuntungan bersama.

“Tanpa sadar mungkin ini adalah koperasi craft yang spesifik pertama di Indonesia,” kata Salfia.

Nama Tectona Grandia juga atas kesepakatan mereka, yang artinya Pohon Jati. Karena pertama kali berkumpul dan berkarya di Kelurahan Jatijajar.

Mereka juga menetapkan iuran pokok sebesar Rp100 ribu, yang dibayarkan sekali ketika masuk menjadi anggota. Untuk iuran rutin atau wajib, penghuni Tectona Grandis sepakat sebesar Rp25 ribu setiap bulan.

Semua aturan main disepakati secara adil dan bersama. Semua anggota memiliki kedudukan yang sama, karena dinilai dari uang pokok yang sama, apabila ada anggotanya yang keluar akan dikembalikan secaera penuh.

“Uang yang terkumpul mereka gunakan untuk membeli bahan produksi ketika ada pesanan,” lanjut Salfia.

Keseruan lainnya bukan hanya produksi. Ketika mereka bersama belanja ke penjual bahan kain, bisa dibayangkan mereka begitu menikmati prosesnya.

Begitu produk dijual dan menerima pembayaran, sebagian disisihkan untuk kas menambah modal kerja dan keuntungan dibagikan langsung kepada anggotanya.

“Kekuatan bergerak bersama memang tidak terduga. Setiap anggota saling mengusahakan untuk mendapatkan orderan dalam bentuk souvenir, tas acara pelatihan, seragam kegiatan, atau pesanan pesanan pribadi,” paparnya.

Bahkan belum lama ini mereka lolos kurasi dari maskapai Garuda Indonesia untuk souvenir haji. Aktivitas ibu-ibu ini begitu menyenangkan dan membuat mereka bersemangat.

Mereka berkumpul di base camp yang berisi mesin jahit dan display memamerkan produk karya mereka sendiri.

“Base camp tersebut ber alamat di toko biru Perum Jatijajar Blok D10/1 Kelurahan Jatijajar. Tempat kecil namun meriah dan representative,” tutup Salfia sambil senyum dengan sumringah. (*)

Editor : Junior Williandro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.