Lentera Baca Gigih Berliterasi

KARAWANG, RAKA – Genap satu tahun berdirinya komunitas Lentera Baca Kutawaluya dapat membuat tujuh tempat taman baca di wilayah setempat.
Inisiator TBM Lentera Baca Muhammad Dahlan mengaku akan terus berupaya menambah taman baca di Kecamatan Kutawaluya. Saat ini sudah ada tujuh taman baca dari tujuh desa di wilayah gerakannya. “Target kita kedepan setiap desa ada taman baca, sekarang baru ada tujuh taman baca,” katanya belum lama ini.
Menurut Dahlan satu tahun keberadaan komunitas literasi di Kutawaluya ini paling tidak dapat meningkatkan minat baca khususnya untuk di kalangan anak-anak. Tidak hanya itu, melalui taman baca ini juga dapat mengajak mahasiswa untuk terlibat berperan aktif dalam kegiatan TBM Lentera Baca.
“Relawan taman baca ini mayoritas dari mahasiswa. Jadi mereka banyak berkontribusi di kegiatan Lentera Baca dalam setahun ini,” ujarnya.
Dahlan optimis dalam setahun kedepan mitra kerja Lentera Baca ini akan berdada di setiap desa di Kutawaluya. Hal itu berdasarkan respon positif dari masyarakat dengan adanya komunitas yang bergerak di bidang literasi ini. “Respon baik ini tidak hanya datang dari masyarakat, bahkan banyak lembaga pendidikan juga yang mendukung kegiatan Lentera Baca,” imbuhnya.
Dahlan menambahkan, beberapa waktu lalu saat merayakan puncak hari jadi Lentera Baca, dimeriahkan dengan tiga perlombaan untuk anak usia 5 sampai 6 tahun. Diantara perlombaannya yaitu mewarnai gambar, tebak siapa aku, dan menghiasi makanan. Dahlan menyebut peserta setiap perlombaan akan diikuti oleh sepuluh anak. Hal itu dibatasi karena untuk mencegah kerumunan. “Kita prioritaskan peserta lomba ini dari anak-anak dari Kutawaluya,” pungkasnya. (mra)

Artikel Lentera Baca Gigih Berliterasi pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.