Mayor Inf Kunto Wibisono Pimpin Yonif 315 Garuda

Yonif 315/Garuda

BOGOR – Nama Mayor Inf Kunto Wibisono saat ini sedang menjadi perbincangan, khususnya di wilayah Kota Bogor. Mantan Komandan Datasemen Grup B Paspampres tersebut, saat ini menjadi Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri 315/Garuda. Menggantikan Danyon sebelumnya, Letkol Inf Suryanto.

Dirinya secara resmi memimpin Yonif 315/Garuda setelah dilaksanakannya upacara serah terima jabatan yang berlangsung di Lapangan Upacara Yonif 315 Garuda, Kecamatan Bogor Barat pada Rabu (3/8).

Kunto Wibisono lahir di Kota Samarinda, Kalimantan Timur 40 tahun silam. Setelah lulus dari bangku SMA pada tahun 2000 ia kemudian masuk dan mulai menjalani pendidikan di Akademi Militer (Akmil), Magelang pada tahun 2001.

Setelah lulus dari pendidikan Akmil di tahun 2004 dirinya langsung ditempatkan di Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda Aceh selama 11 tahun hingga tahun 2015.

Setelah dari Aceh dirinya bertugas di Kodam 2 Sriwijaya tepatnya di Korem 041/Garuda Emas, Bengkulu selama 2 tahun. Pada saat itu juga dirinya bertugas di perbatasan antara Republik Indonesia dengan Malaysia.

Setelahnya ia bertugas di Markas Besar TNI dan menjalani pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) pada tahun 2019.

Perjalanan kariernya berlanjut masuk ke dalam Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Ia mengabdikan dirinya sebagai Paspamres dalam kurun waktu 3 tahun.

Jabatan terakhirnya di Paspamres ialah Komandan Datasemen Grup B Paspampres.

Pada jabatan barunya sebagai Komadan Yonif 315/Garuda, Kunto mendapat tugas memimpin peningkatan Batalyon ini menjadi Satuan Batalyon Mekanis.

Yonif 315/Garuda akan mendapat alutsista kendaraan tempur pada termin pertama sebanyak 13 unit.

Menerima amanat tersebut dirinya kemudian langsung mempersiapkan para prajurit dan sarana prasarana untuk menyambut kenaikan kelas Batalyonnya.

“Saat ini sudah ada beberapa personel yang melakukan pelatihan. Karena untuk mengawaki kendaraan tempur butuh spesifikasi dan spesialisasi khusus. Jadi kita berangkatkan beberapa personel untuk kursus sekolah pelatihan mengawaki kendaraan tempur,” jelasnya kepada Radar Bogor pada Rabu (3/8).

Dirinya menyebut jenis kendaraan yang akan diterima Yonif 315/Garuda ialah berjenis Anoa atau Komodo.

Kunto mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih atas amanah yang diembankan kepada dirinya tersebut. Ia menegaskan akan melaksanakan amanah sebaik mungkin.

“Langkah pertama yang saya lakukan adalah silaturahmi dengan semua unsur agar dapat membangun sinergi dengan jajaran Forkopimda serta komponen masyarakat lainnya,” tuturnya.

Selanjutnya Kunto mengatakan akan melanjutkan tongkat kepemimpinan sebelumnya sembari berupaya menciptakan inovasi pada Yonif 315/Garuda.

“Sembari berjalan saya melihat inovasi seperti apa yang dapat saya lakukan yang tujuannya untuk kesejahteraan prajurit, profesionalisme kami sebagai TNI, dan juga yang paling utama adalah meningkatkan rasa aman dan nyaman di wilayah Kota Bogor,” tutupnya. (cr1/RADAR BOGOR)

The post Mayor Inf Kunto Wibisono Pimpin Yonif 315/Garuda first appeared on RADAR BOGOR | Berita Bogor Terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.