Mei-Juli Pendaftaran Pernikahan di Depok Capai 1.800

nikah XBhOA0

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pasca libur Idul Fitri. Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok menerima sebanyak 1.800 calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan di bulan Syawal ini.

Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, H. Asnawi mengatakan, ribuan data tersebut merupakan calon pengantin yang akan melangsungkan ijab qobul pernikahan tercatat dari Mei-Juli 2022.

“Dua tahun pandemi melandai karena aturan kebijakan pemerintah. Setelah beberapa bulan melandai, sekarang jumlah calon pengantin melangsungkan akad nikah meningkat,” kata Asnawi, Selasa (10/5).

Asnawi menyebut, di bulan Syawal angka pendaftaran akad nikah naik cukup signifikan, setelah berakhirnya bulan Ramadan. “Kalau setiap bulan peristiwa pernikahan sebanyak 1.200 se Kota Depok, di bulan Syawal ini diperkirakan mencapai 1.600-1.800 peristiwa pernikahan, dengan kata lain di bulan Mei hingga awal Juli 2022,” ungkapnya.

Hal ini ditandai meningkatnya pernikahan di bulan Syawal, lanjut Asnawi, menandakan masyarakat Depok masih memandang bulan Syawal sebagai bulan yang penuh keberkahan untuk melangsungkan pernikahan.

Mungkin karena menikah di bulan Syawal membawa keberkahan, itu lah mengapa angka pernikahan cukup tinggi dibanding bulan biasanya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Asnawi mengatakan, jumlah 1.800 calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan di bulan Syawal paling banyak berasal dari empat kecamatan yakni Cimanggis, Tapos, Sukmajaya dan Pancoranmas.

Namun begitu, kami dari Kementerian Agama mengimbau ketika ada pernikahan kemudian dilanjutkan dengan resepsi, tetap protokol kesehatan harus diutamakan, meskipun PPKM akan berakhir,” bebernya.

Alumnus Pondok Pesantren Al Masthuriyah Cisaat ini, berharap selain bulan Syawal, peristiwa pernikahan juga sering terjadi di bulan Dzulhijjah atau yang lazim disebut bulan Haji.

Biasanya lebih meningkat lagi dari bulan Syawal,” jelasnya.

Selain protokol kesehatan, Asnawi menghimbau kepada calon pengantin untuk mengikuti kegiatan kursus calon pengantin yang diadakan sebelum akad nikah. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.