Depok  

Melihat Kiprah Trash Hero di Depok (3-Habis) : Rutinkan Audit Sampah, Bawa Depok Mendunia

Trash Hero di Depok

Tidak hanya melakuan aksi bersih-bersih sampah saja, Trash Hero Depok juga melakukan audit sampah plastik dari berbagai jenis dan merk yang mereka temui di dasar Sungai Ciliwung.

Laporan : Gerard Soeharly, RADAR DEPOK

Sekelompok orang berkaos kuning mulai menitihkan langkah kakinya menuju dasar Sungai Ciliwung yang melintas di Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas. Mereka didominiasi oleh anak-anak namun, diantaranya juga terdapat orang dewasa yang mendampingi.

Bersenjatakan karung, pasang mata mereka selalu memandang sekitaran, tiap sampah yang mereka temui langsung dimasukan dalam karung yang telah mereka bawa tersebut.

Setelah karung itu penuhi sampah plastik, mereka mulai membongkarnya untuk memastikan jenis produk dan merk sampah tersebut. Rupanya, kegiatan itu sudah rutin mereka lakukan demi menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Ternyata, hal yang tulus mereka lakukan itu berbuah manis. Pahwalan sampah yang tergabung dalam Trash Hero Depok itu mendapatkan penghargaan dari induknya yang bermarkas di Swiss.

Kepala Geng Trash Hero Depok, Willian Matakena mengatakan, penghargaan yang diterima adalah ‘Break Free From Plastic’s Global Brand Audit’ pada 2020 silam.

“Piagam penghargaan buat Trash Hero Depok itu didapatkan setelah pada bulan September Break Free From Plastic’s Global mengadakan audit di seluruh dunia,” sebutnya kepada Radar Depok, Minggu (17/7).

Selama pandemi berlangsung, kata William, aksi pahlawan sampah itu tidak mengundang kerumunan atau penyelenggaraannya secara bergilir. Pada saat itu pula, William dan seorang bocah SMP berhasil mengumpulkan dua karung sampah plastik yang selanjutnya dilakukan pengauditan.

Dengan begitu, Trash Hero setidaknya telah memberikan kontribusi positif terhadap sungai yang dijadikan transportasi sampah menuju laut. Apalagi, sampah yang mereka temukan didominasi sampah plastik yang membutuhkan jutaan tahun untuk terurai kembali..

Selain itu, sampah juga dapat menjadi salah satu bentuk percepatan pemanasan global yang sangat berdampak buruk pada ekosistem.

“Hal yang menarik di depok, kita mempunyai Sungai yang berpotensi membawa sampah ke laut. Sungai itu alat transportasi sampah sebanyak 60 persen ke Laut,” ungkap pria berdarah Maluku tersebut.

Sejauh ini, Trash Hero Depok telah mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya sampah plastik. Bagian terpentingnya, mereka tidak akan berhenti pada secarik sertifikat yang telah berhasil didapatkan atau sekedar mengharumkan nama Kota Depok dikancah internasional. (*)

Editor : Junior Williandro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.