Menteri Perhubungan Lepas Pemudik di Terminal Jatojajar : 3.000 Orang Menuju 22 Kota

menhub avnDvM

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Terminal Jatijajar menjadi pilihan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam memberikan pelayanan mudik gratis. Tercatat ada 3.000 pemudik yang diberangkatkan menggunakan 686 armada bus ke 22 kota.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya menyampaikan, Presiden menyampaikan pada Kemenhub menginfokan berita kebahagiaan untuk para pemudik. Kata bahagia sangat dalam artinya, seperti jangan beri kemacetan, beri kemudahan, dan beri kepastian agar pemudik sampai ke daerah masing-masing dengan bahagia.

“Hal ini tentu tidak mudah tapi alhamdulillah para stakeholder terutama TNI dan Polri sangat mendukung dan juga jasaraharja, jasamarga itu sangat kooperatif, sehingga dapat mewujudkan mudik bahagia,” jelasnya saat berikan sambutan.

Ada dua hal yang ditekankan Menhub, pertama untuk dirjen darat agar tambahkan jumlah suplai dari bus. Tugaskan setiap PO yang masih miliki stok bus untuk melakukan membuka pelayanan mulai malam ini. Hal ini agar pemudik tidak kebingungan dan dilakukan dengan maksimal.

Lalu kedua, Budi menghimbau kepada perusahaan untuk melakukan mudik gratis kepada seluruh karyawannnya sehingga karyawan bisa mudik dengan bahagia.

“Dengan adanya mudik gratis maka para pemudik melakukan perjalanan secara lebih compact dengan jumlah yang banyak,” ungkap Budi.

Adapun tujuan pemudik dari Terminal Jatijakar Depok ke wonosobo, wonogiri, salatiga, jember, dan sebagainya. Seluruhnya meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat.

“Tadi saya sampaikan ke sopir kalau jangan ngebut yang penting berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Dilokasi yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiadi menuturkan, perjalanan mudik gratis hanya menyediakan tujuan pulau Jawa dan tidak menyediakan ke pulau Sumatera. Namun demikian perjalanan ke Sumatera akan dilakukan di tahun mendatang.

“Kami tidak menyelenggarakan mudik ke arah Sumatera. Namun demikian diharapkan pada tahun depan, karena memang sejalan dengan kondisi covid yang semakin membaik, kami akan rencanakan di 2023,” tuturnya.

Kemudian untuk tahun ini, pemerintah menyiapkan sebanyak 64 truk untuk mengangkut sebanyak 2000 motor yang akan diantarkan ke pulau Jawa. Junlah tersebut belum ditambah dari jalur kereta api dan jalur laut.

Kemudian beberapa kementerian yang juga menyelenggarakan mudik gratis, ada Kementerian BUMN melalui PT Jasa Raharja yang menyiapkan sekitar 700 kendaraan, kemudian Kemenkumham, juga termasuk Kepolisian dari Korlantas Polri.

“Diharapkan dengan adanya mudik gratis ini. Kehadiran Kemenhub dapat membantu masyrakat dengan menyiapkan bus,” tandas Setiadi. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.