Merebaknya Hepatitis Akut, Ini yang Dilakukan Dinkes Kota Depok

10676 0 b0e057598d1fde186801fe77c3e763d2 wOPl20

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Merebaknya kasus hepatitis akut pada anak membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok merilis kewaspadaan dini untuk masarakat mengenali gejala hingga pencegahannya.

Dari informasi yang disebar Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawaty, gejala bagi orang yang terjangkit hepatitis akut adalah penurunan kesadaran, demam tinggi atau riwayat demam, urine berubah warna menjadi pucat atau gelap, kuning, gatal, sendi terasa nyeri atau pegal-pegal.

Lalu, mual, muntah atau nyeri perut, lesu dan hilang nafsu makan, serta buang-buang air besar atau diare.

Mary memastikan sampai saat ini belum ada laporan dari puskesmas atau rumah sakit terkait kasus hepatitis akut tersebut.

“Belum. Jangan sampai ada,” tegasnya kepada Radar Depok, Kamis (5/4).

Ia juga menyarankan, agar masyarakat melakukan pencegahan dengan pikiran yang tetap tenang serta hati-hati, dan tetap menjaga kebersihan seperti mencuci tangan, minum air bersih yang matang, makan yang bersih dan matang secara penuh.

Selanjutnya, membuang tinja atau popok sekali pakai sesuai pada tempatnya agar tidak menimbulkan virus yang memicu kesehatan, membawa perlengkapan makan secara sendiri-sendiri, disiplin menggunakan masker, dan tetap menjaga jarak.

“Kalau ada yang mengalami gejala segera informasikan, untuk langsung lapor ke puskesmas atau rumah sakit,” tandasnya. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet kelmanutu

Editor : Pebri Mulya

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.