Berita Utama

Mudik Lebaran Dilarang, Dimulai 6-17 Mei 2021

RADARJABAR.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan, bahwa mudik Idul Fitri 2021 ditiadakan.

Langkah itu diambil untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Indonesia yang semakin banyak usai libur panjang.

Keputusan itu diambil setelah melalui rapat bersama beberapa kementerian dan lembaga terkait. Mulai dari Kemenaker, Kemensos, Kemenag, Kemenkes, BNPB, Kemendagri, KemenPAN-RB, TNI, Polri serta sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri.

Untuk pelarangan mudik tersebut, akan dimulai pada 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Adapun Hari Raya Idul Fitri sendiri diperkirakan akan jatuh sekitar 13–14 Mei 2021.

“Larangan mudik akan dimulai dari tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021,” ungkap dia dalam Telekonferensi Pers, Jumat (26/3/2021).

Pada tanggal tersebut, Muhadjir meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan ke luar daerah. Ini juga salah satu bentuk komitmen agar vaksinasi Covid-19 mencapai keberhasilan.

“Dari tanggal itu diimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan daerah kecuali keadaan mendesak dan perlu,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa keputusan ini berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri dan seluruh masyarakat.

“Aturan-aturan yang menunjang ini akan diatur kementerian terkait, seperti Satgas, dan akan diatur langkah pengawasan oleh TNI, Polri, Kemenhub dan Pemda,” jelasnya. (Jawapos)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button