Ngobras Bareng Disdukcapil Cianjur 3, Mendadak Penghargaan Ombudsman RI

RADARCIANJUR.com – PENINGKATAN pelayanan terbaik terhadap masyarakat dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur. Pada tahun 2021, Disdukcapil Kabupaten Cianjur mendapatkan penghargaan pelayanan terbaik dari Ombudsman RI sebagai pemberi pelayanan terbaik ketiga se-Jawa Barat.

Catatan kinerja tersebut dikarenakan berhasil mencapai pencetakan akta kelahiran yang ditargetkan 95 persen. Selain itu, pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) harus 30 persen dan harus memiliki buku pemakaman.
Kang Haji: Itu bagaimana bisa mendapatkan penilaiannya?

Munajat: Penilaiannya berdasarkan kepatuhan dari provinsi terhadap pelaksanaan aturan Pemerintah Pusat berkaitan dengan pencatatan sipil. Kita tidak mengetahui kapan pihak Ombudsman RI itu datang memantau. Kita melakukan berbagai perbaikan-perbaikan untuk pelayanan terhadap pemohon.

Kang Haji: Seperti apa motivasi terhadap penghargaan tersebut?

Munajat: Jadi sebetulnya, Ombudsman RI ini kan jembatan pengaduan dari masyarakat untuk memantau kinerjanya pemerintah dalam pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga mungkin dari program-program yang kami jalankan itu yang menjadi dasar penilaian dan juga kami berkomitmen memberikan pelayanan tanpa korupsi serta tanpa pungli. Itu harus ditempel di tempat pelayanan. Mengatur tempat duduk, cara melayani ke pemohon. Kami tiba-tiba mendapatkan penghargaan tersebut, sehingga kami bersyukur atas penghargaan tersebut.

Kang Haji: Sebetulnya kan prestasi tersebut tidak lepas dari program-program yang sudah dijalankan, ada tidak program lainnya?

Munajat: Ada juga program di luar rutinitas pelayanan, seperti mendatangi pemohon dan memberikan pelayanan langsung. Jadi kami mendatangi warga untuk melayani. (kim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.