Ngobras Bareng Disdukcapil Cianjur 4, Saatnya Mendatangi Warga

RADARCIANJUR.com – Bertabur program pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur disuguhkan kepada masyarakat Kota Santri. Bentuk pelayanan tersebut tak lepas dari racikan Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Munajat yang menjabat sejak 2021.

Bahkan, salah satu bentuk pelayannya yaitu langsung mendatangi masyarakat pemohon yang memiliki keterbatasan dan langsung didatangi serta dilayani di tempat setelah menghubungi melalui telepon.

Kang Haji: Prestasi yang dihasilkan memang tidak terlepas dari program yang dibuat, ada mungkin program kedepan?

Munajat: Kami memiliki berbagai program seperti Dawala, Datangi Warga Layani. Mendatangi warga untuk hal-hal yang spesifik. Contoh mereka cacat, ODGJ, tuna wicara, lumpuh atau juga lumpuh. Bahkan kami menerima saluran telepon untuk permintaan itu, jadi itu pelayanan khusus bagi masyarakat yang memiliki spesifikasi keterbatasan. Selain itu juga yang menikah atau pasangan baru, kita layani di tempat.

Kang Haji: Ada lagi programnya?

Munajat: Yang menikah itu five in one, memiliki lima dokumen yakni KK pasangan baru, KTP pasangan baru dan KK orang tua dan mertua baru. Ada lagi program inovasi three in one, itu untuk akta kelahiran. Jika pemohon memiliki anak yang baru dan akan dimasukan ke KK, ada jumlah penambahan anggota keluarga baru. Satu akta kelahiran, kedua KK yang sudah diperbaharui dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Munajat: Kami lakukan juga mendatangi ke sekolah-sekolah dengan melakukan perekaman untuk anak atau pelajar yang menginjak usia 17 tahun. Kita izin terlebih dahulu ke pihak sekolah.

Kang Haji: Infonya ada Pandanwangi?

Munajat: Iya itu akronim, itu bukan beras. Program Administrasi Kependudukan Bagi Masyarakat Langsung Jadi. Jadi kami mendatangi langsung ke desa-desa sesuai permintaan masyarakat untuk membuat dokumen dari mulai KK, KTP hingga pembuatan akta. (kim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.