Depok  

Obituari Jhoni Y. Kelmanutu (2) : Terbitkan Koran Lokal di Depok, Inisiasi Pembentukan PWI Depok

Meski telah berpulang kepada sang kuasa, karya tangan wartawan senior Kota Depok, Jhoni Y. Kelmanutu akan tetap membekas. Jejak langkahnya yang kini masih membekas adalah penerbitan koran lokal di Kota Depok yakni Suara Kota sekitar Tahun 2000. Lebih dari itu, dia menginisiasi terbentuknya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok.

Laporan : Gerard Soeharly

RADARDEPOK.COM, Ucapan duka yang berbentuk karangan bunga berbaris rapih di halaman Rumah Duka Sentra Medika (RDSM) Cibinong, Kabupaten Bogor. Karangan bunga dari Walikota Depok, Mohammad Idris hingga sejumlah orang penting di Kota Depok berdiri tegak hanya untuk satu nama yakni Jhoni Y. Kelmanutu yang tidak akan pernah ditemui lagi senyum manis dari wajahnya.

Kerumunan manusia dengan dengan raut wajah sedih mulai memasuki ruangan di mana jasad Jhoni Y. Kelmanutu bersemayam. Mereka silih berganti memberikan penghormatan terakhir untuk tokoh pers Kota Depok tersebut.

Diantara mereka, terlihat sosok Ketua PWI Kota Depok, Rusdi Nurdiansyah yang tak kuasa menahan kesedihan. Memorinya mulai mengulas kembali jejak perjalanan Jhoni Y. Kelmanutu.

Menurut Rusdi, pria asal Tanimbar, Maluku Tenggara itu merupakan sosok yang kritis dan selalu profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya. Namun dibalik hal tersebut, Jhoni dikenal sebagai sosok yang baik hati dan tidak pernah bertinggi diri.

“Almarhum kerjanya semangat memproduksi dunia pers yang beragam dan berwarna di Kota Depok,” ungkapnya kepada Radar Depok.

Rusdi membeberkan, semasa hidupnya Jhoni kerap membuat gebrakan dalam dunia perjurnalistikan. Salah satunya, melahirkan koran lokal di Kota Depok, yakni Suara Kota yang terbit sekitar Tahun 2000.

“Almarhum sebagai pendobrak dunia pers Depok. Dia melahirkan Suara Kota yang jadi koran lokal di Depok,” bebernya.

Dia mengaku, mengenal sosok Jhoni saat masih menjadi mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta angkatan 1987. Meski satu kampus,  mereka belum terlalu akrab kala itu.

“Setelah itu, almarhum bekerja di Harian Jayakarta. Kemudian, membangun media sendiri di Depok,” ungkapnya.

Tidak sampai disitu saja, kata Rusdi, seiring dengan Depok yang menjadi kota mandiri, sosok Jhoni juga menginisiasi dan memperjuangkan terbentuknya PWI Kota Depok yang kini dipimpinnya.

Setelah terbentuk, Jhoni kemudian mendorong pemerintah untuk menyediakan kantor bagi organisasi yang menjadi konstituen Dewan Pers tersebut. Bahkan, Jhoni juga banyak mendidik wartawan yang dapat bekerja dalam dunia profesional. Paling berkesan, almarhum sangat menjunjung tinggi kode etik jurnalistik hingga menjaga marwah pers agar tetap berkualitas.

“Sikap itu yang patut kita contoh dan kita terapkan dalam menjalani tugas jurnalistik,” tutupnya. (Bersambung)

Editor : Junior Williandro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.