Depok  

Obituari Jhoni Y. Kelmanutu (3-Habis) : Kisah Dibalik Iwan Fals dan Andi F. Noya, Selamat Jalan Bung Jhoni

Setelah berpulang kepada sang kuasa, wartawan senior Kota Depok, Jhoni Y. Kelmanutu meninggalkan sejuta kenangan dan cerita bagi setiap orang yang mengenalnya. Ternyata, almarhum pernah menjadi bagian cerita dari Andi Flores Noya yang terkenal dengan program Kick Andy dan penyanyi papan atas, Iwan Fals.

Laporan : Gerard Soeharly

RADARDEPOK.COM, Isak tangis masih samar-samar terdengar dari kediaman almarhum, Jhoni Y. Kelmanutu di RT 4/6, Kampung Cikaret, Desa Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kediaman yang dibangun dan ditinggal pergi selamanya oleh wartawan senior itu menjadi titik temu keluarga maupun kerabat. Di sana, ada sejuta cerita tentang salah satu perintis dunia pers di Kota Depok yang membangun media lokal sekaligus menginisiasi terbentuknya PWI Kota Depok.

Banyak yang belum mengetahui bahwa, almarhum adalah sosok rekan seperjuangan Andi F. Noya yang tenar dengan program Kick Andi disalah satu stasiun televisi swasta. Kala itu, keduanya mengenakan almamater yang sama yakni Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta.

Dimasa mudanya, Jhoni pernah bangun dan tertidur pada kasur yang sama dengan Andi. Keduanya, mengisi waktu kosong dengan membantu penyanyi papan atas, Iwan Fals.

Sesekali, Jhoni dan Andi meminjam mobil yang biasa mengangkut peralatan manggung Iwan Fals untuk mencari uang jajan tambahan dengan cara mengangkut sayuran di Pasar Induk, Kramat Jati.

“Nah setelah pulang darisana, kita isiin bensin dan kita bersihkan lagi mobilnya,” kenang almarhum Jhoni, beberapa tahun silam.

Semasa hidupnya, almarhum pernah menceritakan perjalannya dengan Andi F. Noya. Dia pernah dikirimi parsel saat hari raya Natal. Paling berkesan, saat mereka dan teman-teman nongkrong disalah satu tempat makan.

“Waktu itu kita nongkrong di tempat hamburger semuanya pada beli cuma dia yang enggak. Akhirnya, punya saya di bagi dua. Terus dia berjanji kalau sudah sukses akan membeli makanan itu dalam jumlah yang banyak,” kenangnya lagi.

Usai menjadi seorang wartawan yang bergelut di Kota Depok, nama almarhum mulai melambung tinggi seiring dengan karya tangannya. Banyak petinggi yang merasa kehilangan atas kepergian Jhoni Y. Kelmanutu yang menjadi sahabat karib mereka.

Salah satunya, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono. Dia mengaku, mengenal pria asal Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara itu sejak Tahun 1999. Bagi Imam, sosok almarhum  adalah orang yang baik.

“Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran. Selamat jalan Bung Jhoni,” tuturnya.

Senada, Mantan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna juga mengaku kehilangan atas kepergian Jhoni Y. Kelmanutu. Pradi mengaku, sempat berjuang bersama almarhum dalam merintis dunia pers di Kota Depok. (*)

Editor : Junior Williandro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.