Pasirkamuning Desa Digital, Layanan Kependudukan Cukup dari Rumah

TELAGASARI, RAKA – Digitalisasi dalam pelayanan publik akan merambah ke desa-desa dengan program desa digital dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Desa Pasirkamuning Kecamatan Telagasari merupakan salah satu desa yang mendapatkan manfaat dari program desa digital.
Sekretaris Desa Pasirkamuning Agung Septian mengatakan, desanya akan menjadi salah satu desa percontohan yang mendapatkan program desa digital dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Desa digital ini merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dan kami salah satunya yang menjadi percontohan desa digital,” katanya kepada Radar Karawang.
Agung menambahkan, yang mendapatkan program desa digital dari Pemprov Jawa Barat hanya beberapa desa saja. “Kalau tidak salah itu hanya delapan desa di Karawang yang mendapatkan program desa digital,” tambahnya.
Pria berusia 29 tahun ini pun menuturkan, pemerintah desa saat ini lagi mempersiapkan data-data yang akan bisa diakses untuk ke aplikasi, agar program ini bisa segera diluncurkan. “Ini lagi kita kebut pendataan nya mulai dari data-data kependudukan, dan demografi desa sedang kita input ke dalam aplikasi,” tuturnya.
Ia melanjutkan, jika desa digital sudah diluncurkan, masyarakat bisa mendapatkan layanan kependudukan dari rumah. “Masyarakat Pasirkamuning bisa buat permohonan surat keterangan desa atau apapun itu bisa dari rumah pengajuannya. Ke sini tinggal ngambil saja, ” jelasnya.
Sementara itu, Juju (24) warga Desa Pasirkamuning mengaku bangga desanya akan menjadi percontohan desa digital dari pemerintah provinsi. “Tentunya bangga walaupun ini di perkampungan, tapi bisa jadi percontohan terkait program desa digital,” pungkasnya. (fjr)

Artikel Pasirkamuning Desa Digital, Layanan Kependudukan Cukup dari Rumah pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.