Pelaku UMKM Meriahkan Festival Ngabuburit

BAWAH 61 u4lFPl

PURWAKARTA,RAKA- Dengan melibatkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai kontribusi kepada masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19, Gentong Geulis menggelar Festival Ngabuburit di Lapang Asem Kampung Empang Sari, Desa Plered Kecamatan Plered. Bertajuk Festival Ngabuburit Bareng Gentong Geulis, sejumlah perlombaan hingga bazar beragam produk UMKM pun di pasaran di lokasi tersebut.
Kepala Desa Plered, Erik Akbar Fauzi, mengatakan, melalui kegiatan Festival Ngabuburit Bareng Gentong Geulis, merupakan salah satu upaya menfasilitasi para pelaku UMKM. Pasalnya, UMKM menjadi salah satu sektor yang terdampak selama pandemi Covid-19. “Bagaimanapun juga ini sangat mendukung program Pemerintah dalam memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya kewirausahaan atau UMKM yang ada,” ucap Erik, pada Senin, (25/4).
Dirinya berharap, acara serupa terus berlanjut dan digelar secara berkala. Acara tersebut, dinilai positif dan sekaligus meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM di wilayah setempat. “Acara ini sangat positif dan harus terus diadakan. Sebab, secara tidak langsung para pelaku UMKM sangat diuntungkan dan masyarakat pun sangat antusias. Masyarakat sangat terhibur, ngabubirit gak perlu macet- macet an di jalan bahkan untuk UMKM sangat menguntungkan.” ungkap Erik.
Kebersamaan dan semangat yang sama, lanjut dia, amat dibutuhkan dalam membantu dan mengembangkan UMKM. ‚ÄúSelain itu, dukungan dan kerjasama serta kolaborasi dalam membangun UMKM dan industri rumah tangga pun perlu terus ditingkatkan sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” ujar Erik.
Sementara, Owner sekaligus CEO Gentong Geulis, Ita Sumanti, mengatakan, dalam Bazar yang digelar atas kerjasama dengan sejumlah pihak itu, bertujuan selain memperkenalkan produk-produk Gentong Geulis juga produk UMKM diwilayah setempat. “Acara ini kami gelar bersama Pemerintah Desa Plered juga bekerjasama dengan Bank BRI serta teman-teman dari mojang jajaka Purwakarta.” Tutur wanita yang akrab disapa Ita itu.
Dalam acara tersebut, dijelaskannya, selain terdapat stand- stand bazar UMKM juga berlangsung sejumlah perlombaan untuk mengasah kreatifitas peserta yang didominasi anak- anak di sekitar wilayah Kecamatan Plered. “Untuk memeriahkan acara, kita adakan lomba Adzan, lomba mewarnai gambar, lomba busana dan lomba bernyanyi lagu religi. Dan alhamdulilah, pesertanya cukup antusias,” sambung dia.
Oleh karena itu, Ia berharap bahwa kedepan pihaknya akan terus menyelenggarakan kegiatan serupa yang lebih meriah, agar semakin besar dampak pemulihan ekonomi yang dirasakan masyarakat luas. “Kami tidak akan hanya berhenti disini, tapi kedepan harus berkelanjutan, karena pencapaian itu tidak bisa kita raih dalam hanya tempo waktu yang sebentar, tapi harus dilakukan secara berkesinambungan. Kita harus terus memacu agar masyarakat utamanya pelaku UMKM tergerak untuk bangkit pasca pandemi ini,” pungkasnya. (gan)

Artikel Pelaku UMKM Meriahkan Festival Ngabuburit pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.