Pelayanan Puskesmas Kotabaru Dikeluhkan, Masyarakat Minta Petugas Lebih Ramah

HL 14 eDSIZ5

KOTABARU, RAKA – Pelayanan Petugas Poli umum Puskesmas Kotabaru dikeluhkan. Salah seorang petugas diduga mengusir warga dengan cara tidak sopan karena lupa membawa masker.
Salah satu warga RT 02, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru Namin (55) mengatakan, kedatanganya ke puskesmas untuk memeriksak bagian dadanya yang sakit karena jatuh dari motor. “Pokoknya setelah daftar saya diarahkan untuk masuk ruang poli umum,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Rabu (11/5).
Ia menambahkan, saat masuk ruang poli umum ia ditanya oleh petugas dengan nada yang tidak sopan karena tidak mengenakan masker, kemudian ia diusir. “Saya kaget petugasnya langsung nyolot gitu,” tambahnya.
Ia menyayangkan, sikap yang diperlihatkan oleh petugas tersebut. Seharusnya, pelayanan dilakukan dengan ramah. Bukan tidak mungkin, jika pelayanan tidak baik membuat warga enggan datang kembali melakukan pelayanan di puskesmas yang menjadi pelayanan umum bagi masyarakat. Tak hanya itu, dari segi pemeriksaan pun terkesan asal-asalan, karena petugas tersebut sama sekali tidak memeriksa kondisi dadanya yang sakit karena jatuh sepeda motor beberapa waktu lalu. “Cuma ditanya-tanya doang, itu juga kurang dari satu menit setelah itu suruh ngambil obat ke belakang,” bebernya.
Keteledoran dirinya tidak menggunakan masker saat di luar rumah menjadi pelajaran bagi dirinya. “Namun sikap yang baik juga akan mudah diterima oleh masyarakat ketimbang menggunakan nada tinggi dan perkataan yang kurang sopan,” terangnya.
Hal yang sama disampaikan oleh Sodikin, pihaknya juga mendapatkan sikap tidak baik dari bagian poli umum Puskesmas Kotabaru. Pihaknya berharap, bagian pelayanan disimpan petugas atau orang-orang khusus yang memiliki sikap ramah dan membuat warga nyaman saat melakukan pelayanan. “Kasihan bagi warga awam, mereka bisa ketakutan kalau petugasnya kurang baik sikapnya, dan banyak warga lain juga yang bilang kalau bagian poli umum Puskesmas Kotabaru ini jutek banget,” ungkapnya.
Begitu juga dikatakan Didin Badrudin (27), pada saat memperpanjang surat kontrol anaknya, ia merasa bagian poli umum Puskesmas Kotabaru memiliki sikap kurang ramah, bahkan ia membalas nada tinggi yang dilakukan oleh petugas tidak ramah itu. “Saya juga heran, kenapa petugasnya kaya gitu. Karena saya jengkel, dia pakai nada kurang sopan, saya juga balas dengan nada kurang sopan” katanya.
Sementara itu Kepala Puskesmas Kotabaru Ucin Supriadi menyampaikan, pihaknya tidak mengetahui soal sikap tidak ramah yang dilakukan oleh bagian poli umum. Pihaknya akan melakukan langsung pembinaan dan evaluasi bagian poli umum. “Saya akan cek langsung, jangan sampai pelayanan kurang baik ini membuat warga tidak nyaman,” pungkasnya. (mal)

Artikel Pelayanan Puskesmas Kotabaru Dikeluhkan, Masyarakat Minta Petugas Lebih Ramah pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.