Pemeriksaan Hewan Kurban H-7

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi baru akan melakukan pemeriksaan hewan kurban pada H-7 Idul Adha meski penjualan hewan kurban sudah terlihat di sejumlah wilayah.

Pengawasan dan pemeriksaan dilakukan oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di sisi lalu lintas hewan ke Kota Bekasi dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub). Sedangkan pemeriksaan hewan di semua titik pedagang dilakukan oleh Satpol-PP bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi.

“Kita bersinergi seluruh komponen terkait dengan penjualan hewan kurban nanti H-7 sampai H-3 kita akan lakukan monitor di lapangan terkait dengan PMK terhadap hewan ternak,” kata Kepala Satpol-PP Kota Bekasi, Abi Hurairah, Senin (20/6).

Satpol-PP di tiap kecamatan saat ini tengah mendata pedagang hewan kurban. Data tersebut akan menjadi sasaran pemeriksaan menjelang idul kurban.

Meski penjualan hewan kurban diimbau dilakukan terpusat di satu titik tiap kecamatan, hasil analisis sementara ini pemusatan pedagang tersebut dinilai sulit dilakukan. Salah satu kesulitannya adalah ketersediaan lahan untuk menampung para pedagang beserta hewan kurbannya.

Yang terpenting kata Abi, tiap pedagang menyeleksi betul kondisi hewan yang mereka jual. Setiap hewan harus dipastikan layak jual untuk kebutuhan kurban.

“Pada prinsipnya kami akan mengatur terkait dengan hal-hal yang berhubungan dengan penegakan aturannya. Apabila nanti ada yang kedapatan kemudian mereka tidak bisa menjual hewan yang sudah dipetakan (syarat hewan kurban), maka nantinya itu menjadi tugas kita untuk menindak,” tukasnya. (sur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.