Pemkot Sukabumi Berkomitmen Wujudkan UHC 2022

Kota Sukabumi
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mendapat penghargaan dari BPJS Kesehatan sebagai pencapaian Universal Health Coverage Kota Sukabumi dalam kepesertaan Program JKN

SUKABUMI – Sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hadir untuk menjamin kebutuhan pelayanan kesehatan penduduk Indonesia.

Melalui program ini pemerintah daerah pun mempunyai peran penting dalam mengupayakan pencapaian cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC). Hal itu sebagai upaya menjamin seluruh penduduk Indonesia dalam mengakses pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Bagi Pemerintah Daerah, khususnya Kota Sukabumi, upaya ini merupakan penghargaan terbaik untuk mencapai Universal Health Coverage di tahun 2022.

Selain itu, penghargaan UHC ini sebagai bentuk komitmen guna mendukung penuh penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), karena tentunya dengan UHC ini merupakan bentuk sinergitas terbaik antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah sebagai bukti ketaatan bersama terhadap undang – undang yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

““Kami sangat mengapresiasi komitmen terbaik dari Pemerintah Daerah Kota Sukabumi yang selalu mencurahkan semangat dan upaya terbaiknya untuk terus mendukung implementasi program JKN, dengan mengupayakan tercapainya Universal Health Coverage untuk seluruh penduduk Kota Sukabumi.” ujar Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun dalam acara Silaturahim dan Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Pemerintah Daerah Kota Sukabumi untuk pencapaian UHC di Kota Sukabumi dalam kepesertaan Program JKN, di Ruang Rapat Utama Wali Kota Sukabumi, Kamis (11/8).

Hadir pula dalam acara tersebut Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Barat, Deputi Direksi Bidang Perluasan Kepesertaan, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sukabumi serta instansi-instansi terkait di wilayah Kota Sukabumi.

David menambahkan, pencapaian Universal Health Coverage Kota Sukabumi dalam kepesertaan Program JKN Per 1 Agustus 2022 sebesar 339.468 jiwa atau 95,55 persen dari jumlah penduduk Kota Sukabumi Semester II Tahun 2021 (Adminduk) sebesar 353.631 jiwa.

“Angka pencapaian Kota Sukabumi tersebut adalah capaian prosentase Universal Health Coverage tertinggi ke-7 di Kedeputian Wilayah Jawa Barat, dengan komposisi peserta Penerima Bantuan Iuran Anggaran Belanja Negara (PBI APBN) sebanyak 127.686 jiwa (35,9 persen), Peserta Penerima Upah (PPU) sebanyak 111.678 jiwa (31,4 persen), Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) sebanyak 54.165 jiwa (15,3 persen), Peserta Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja Yang Didaftarkan Oleh Pemerintah Daerah (PBPU dan BP PEMDA) sebanyak 36.090 jiwa (10,1 persen), dan Peserta Bukan Pekerja (BP) sebanyak 9.849 jiwa (2,8 persen).

Pencapaian yang dapat menjadi motivasi untuk Pemerintah Daerah lainnya untuk segera mencapai Universal Health Coverage, khususnya di Provinsi Jawa Barat.” tambah David.

Sementara itu Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengungkapkan, sudah menjadi tanggung jawab dan komitmen untuk mendukung Program JKN melalui perluasan kepesertaan JKN di Kota Sukabumi, sebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan program JKN di wilayah Kota Sukabumi. “Terjaminnya seluruh lapisan masyarakat untuk mendapatkan akses dan manfaat dari jaminan kesejahteraan di bidang kesehatan melalui program JKN ini adalah salah satu tujuan utama tercapainya Cakupan Kepesertaan Semesta atau Universal Health Coverage.” ungkap Fahmi

Fahmi menambahkan, bahwa keberhasilan pelaksanaan Program JKN di Kota Sukabumi sangat didukung oleh peran seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kota Sukabumi, melalui instansi – instansi terkait khususnya selalu mengupayakan peningkatan kualitas dalam memberikan pelayanan yang terbaik di fasilitas kesehatan, baik itu tingkat pertama ataupun tingkat lanjut.

“Semoga pencapaian Universal Health Coverage Kota Sukabumi ini menjadi pemicu semangat seluruh stakeholder di Kota Sukabumi, dengan peran dan tugasnya masing – masing bersama- sama menyukseskan penyelenggaraan program JKN,” pungkasnya. (*/wdy)

The post Kota Sukabumi Berkomitmen Wujudkan UHC 2022 appeared first on Radar Sukabumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.