Pemuda Mekarjaya Patungan Lomba Agustusan

KARAWANG, RAKA – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, banyak cara dilakukan masyarakat untuk mengumpulkan uang agar bisa menyelenggarakan perlombaan khas agustusan. Salah satunya dengan cara patungan atau udunan yang dilakukan para pemuda di Desa Mekarjaya, Kecamatan Purwasari.
Ketua Panitia HUT RI Pemuda Opat Belas Desa Mekarjaya Kecamatan Purwasari Wildan mengatakan, memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, pemuda RT014 berencana akan mengadakan perlombaan. “Rencananya kita akan mengadakan perlombaan menghadapi peringatan hari kemerdekaan Sabtu mendatang,” katanya kepada Radar Karawang, Senin (15/8).
Ia melanjutkan, anggaran perlombaan agustusan dilakukan secara gotong royong par apemuda RT 014. “Untuk biaya peringatan kemerdekaan, kita pemuda yang sudah kerja patungan, dan kita juga meminta sumbangan kepada warga. Alhamdulillah banyak juga yang menyumbang,” tambahnya.

Dilanjutkannya, tradisi atau budaya gotong royong patungan pemuda dan masyarakat, ini memang sudah menjadi tradisi turun menurun yang dilakukan tiap tahun dalam kegiatan peringatan kemerdekaan. “Tiap tahun kita memang begini selalu patungan dalam setiap kegiatan, termasuk kegiatan peringatan kemerdekaan,” tuturnya.

Di waktu yang sama, Jujun, tokoh pemuda RT 014 membenarkan bahwa kegiatan peringatan kemerdekaan ini dibiayai dari hasil patungan, atau udunan masyarakat baik itu pemuda maupun orangtua. “Iya emang sudah jadi tradisi dalam gelar kegiatan pasti patungan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, patungan tidak melulu harus berbentuk uang, tetapi kadang ada juga masyarakat yang menyumbangkan buat hadiah panjat pinang ataupun sekadar membeli air mineral untuk minum, bahkan menyiapkan makan siang untuk panitia. “Iya tidak harus uang, bisa saja patungannya berbentuk barang untuk hadiah panjat pinang, atau membantu konsumsi makan panitia. Berbagai macam sih semua masyarakat rela untuk patungan dalam memperingati kemerdekaan,” tandasnya. (fjr)

Artikel Pemuda Mekarjaya Patungan Lomba Agustusan pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.