Pengawasan Tahapan Pemilu Dimulai

PURWAKARTA, RAKA – Bersamaan dimulainya tahapan Pemilu 2024 pada 14 Juni 2022, Bawaslu Purwakarta
menggelar Apel Siaga Pengawasan.

Apel dilaksanakan di halaman kantor Bawaslu, Jl Kusumaatmadja No 65 Purwakarta. Bukan hanya di Purwakarta, Apel Siaga Pengawasan juga serentak dilaksanakan Bawaslu se-Indonesia di tingkat pusat hingga daerah.

Pelaksanaan apel dimaksudkan untuk mengecek kesiapan pengawas bersamaan dimulainya tahapan Pemilu 2024.

“Di tingkat pusat, pimpinan Bawaslu RI membunyikan sirine sebagai simbol dimulainya pengawasan dan tahapan Pemilu 2024,” kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Purwakarta Oyang Este Binos yang bertindak pembina dalam Apel Siaga Pengawasan, Selasa (14/6).

Di hadapan para pimpinan dan pegawai sekretariat Bawaslu, Oyang meminta agar mulai membiasakan diri membuat Laporan Hasil Pengawasan (LHP) agar seluruh objek pengawasan dapat terdokumentasikan secara baik.

Selain itu, dia juga menyarankan seluruh pegawai memberitahukan kepada masing-masing keluarga bahwa jam kerja sudah berubah. “Sebelum tahapan, jam kerja kita normal. Begitu tahapan dimulai, kita dituntut harus siap kerja jam berapa pun. Tolong sampaikan kepada keluarga di rumah biar mereka paham. Dan ini bagian dari risiko tugas pengawas,” jelasnya.

Meski demikian, dia juga meminta agar petugas pengawas tetap menjaga kesehatan. Sebab hanya dengan kondisi tubuh dan pikiran yang sehat lah kerja pengawasan akan berjalan baik dan optimal. “Harapan kita, seluruh tahapan pemilu berjalan aman, lancar dan kondusif,” tandas Oyang. (gan)

Artikel Pengawasan Tahapan Pemilu Dimulai pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.